Inovasi Pelayanan Berbasis Teknologi Informasi (Pasti Oke) Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Garut


  • Prosiding Nasional
  • Ikeu Kania , Tressa Agista Bella
  • Prosiding Seminar Nasional & Call For Paper Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Di Era New Normal ; 2021, Ciamis

Abstrak

Dalam memenuhi hak atas dokumen kependudukannya, masyarakat sering kali dihadapkan dengan birokrasi yang berbelit-belit dan rumit khususnya terkait dengan prosedur pembuatan administrasi kependudukan. Pemerintah perlu membuat suatu inovasi dalam penyelenggaraan dokumen administrasi publik dan menemukan strategi serta pendekatan terhadap masyarakat dengan meningkatkan kualitas pelayanan publik. Terkait dengan hal tersebut, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Garut membuat suatu inovasi berupa pelayanan administrasi berbasis online yang bernama Pasti Oke (Pelayanan Administrasi Online Kependudukan). Pelaksanaan inovasi ini mulai diterapkan secara efektif pada bulan April 2020. Pelayanan ini tergolong cukup baru, mengingat sebelumnya dinas terkait hanya melakukan pelayanan secara tatap muka atau langsung. Dengan begitu, penulis mencoba untuk mengkaji penerapan inovasi pelayanan secara online pada Disdukcapil Kabupaten Garut tersebut. Penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Metode pengumpulan data yang dilakukan berupa observasi dan wawancara. Sumber data diambil dari pihak Disdukcapil Garut dan masyarakat pengguna layanan tersebut. Hasil penelitian ini memaparkan bahwa sebagai wujud inovasi pelayanan publik, Pasti Oke mampu memberikan manfaat dan kelebihan dengan menciptakan pelayanan yang cepat dan praktis. Adanya Pasti Oke memberikan kemudahan karena mereka tidak perlu lagi berbondong-bondong mendatangi kantor Disdukcapil Garut dengan antrian yang membludak. Namun, dalam pengoperasiannya website tersebut masih belum optimal, dilihat dari masih banyaknya masyarakat yang kesulitan mengakses dan tidak memahami prosedur layanan online. Dengan begitu, keuntungan dari adanya pelayanan online Pasti Oke ini belum dirasakan oleh seluruh masyarakat Kabupaten Garut. Melihat hal tersebut, diperlukan evaluasi untuk lebih memaksimalkan kinerja dari pihak dinas terkait sehingga masyarakat semakin nyaman dan puas dengan pelayanan ini.

Lihat Dokumen