Pengaruh Kinerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Tiket Kereta Api Di Stasiun Bandung


  • Jurnal Nasional
  • Seruni Retna Yulistiwa Putri Debby, Ikeu Kania
  • Jurnal Pembangunan dan Kebijakan Publik ; Volume 9 Nomor 1, Bulan Januari Tahun 2019 ; 2087 – 1511

Abstrak

Adanya fenomena rendahnya kualitas pelayanan tiket kereta api di Stasiun Bandung disinyalir akibat belum optimalnya kinerja pegawai. Tujuan penelitian ini menemukan data dan informasi mengenai besarnya pengaruh kinerja pegawai terhadap kualitas pelayanan tiket kereta api di Stasiun Bandung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Penulis mengambil lokasi penelitian di Stasiun Bandung, melibatkan pegawai di bagian pelayanan tiket kereta api Stasiun Bandung dengan jumlah sampel sebanyak 30 responden, dengan menggunakan teknik sensus. Dari hasil analisis data menyatakan bahwa tanggapan responden tentang variabel kinerja pegawai rata-rata memilih alternative jawaban kriteria cukup baik. Sedangkan tanggapan responden terhadap variabel kualitas pelayanan rata-rata memilih alternative jawaban kriteria baik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang cukup sinifikan antara kinerja pegawai terhadap kualitas pelayanan tiket kereta api di Stasiun Bandung. Saran dari penulis yaitu adanya pemberian sanksi berupa peringatan dan teguran bagi pegawai yang tidak konsisten dalam waktu bekerja dan penambahan sarana prasarana yang dapat menunjang kualitas pelayanan yang maksimal.

Lihat Dokumen