Inovasi Pelayanan Berbasis Teknologi Informasi (Pasti Oke) Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Garut
- Prosiding Nasional
- Ikeu Kania , Tressa Agista Bella
- Prosiding Seminar Nasional & Call For Paper Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Di Era New Normal ; 2021, Ciamis
Abstrak
Dalam memenuhi hak atas dokumen kependudukannya, masyarakat sering kali
dihadapkan dengan birokrasi yang berbelit-belit dan rumit khususnya terkait dengan
prosedur pembuatan administrasi kependudukan. Pemerintah perlu membuat suatu
inovasi dalam penyelenggaraan dokumen administrasi publik dan menemukan strategi
serta pendekatan terhadap masyarakat dengan meningkatkan kualitas pelayanan
publik. Terkait dengan hal tersebut, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
Kabupaten Garut membuat suatu inovasi berupa pelayanan administrasi berbasis
online yang bernama Pasti Oke (Pelayanan Administrasi Online Kependudukan).
Pelaksanaan inovasi ini mulai diterapkan secara efektif pada bulan April 2020.
Pelayanan ini tergolong cukup baru, mengingat sebelumnya dinas terkait hanya
melakukan pelayanan secara tatap muka atau langsung. Dengan begitu, penulis
mencoba untuk mengkaji penerapan inovasi pelayanan secara online pada
Disdukcapil Kabupaten Garut tersebut. Penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif
dengan menggunakan metode deskriptif. Metode pengumpulan data yang dilakukan
berupa observasi dan wawancara. Sumber data diambil dari pihak Disdukcapil Garut
dan masyarakat pengguna layanan tersebut. Hasil penelitian ini memaparkan bahwa
sebagai wujud inovasi pelayanan publik, Pasti Oke mampu memberikan manfaat dan
kelebihan dengan menciptakan pelayanan yang cepat dan praktis. Adanya Pasti Oke
memberikan kemudahan karena mereka tidak perlu lagi berbondong-bondong
mendatangi kantor Disdukcapil Garut dengan antrian yang membludak. Namun,
dalam pengoperasiannya website tersebut masih belum optimal, dilihat dari masih
banyaknya masyarakat yang kesulitan mengakses dan tidak memahami prosedur
layanan online. Dengan begitu, keuntungan dari adanya pelayanan online Pasti Oke
ini belum dirasakan oleh seluruh masyarakat Kabupaten Garut. Melihat hal tersebut,
diperlukan evaluasi untuk lebih memaksimalkan kinerja dari pihak dinas terkait
sehingga masyarakat semakin nyaman dan puas dengan pelayanan ini.
Lihat Dokumen