PENGELOLAAN RANTAI PASOKAN HILIR BERBASIS DIGITAL PADA UMKM BAMBU KREATIF DI DESA MEKARSARI
- Penelitian Tidak Dipublikasikan
- Fitrin Rawati Suganda, Desi Qoriah, Ira Fauziah, Fajar Surya Firdaus
- -
Abstrak
Peningkatan manajemen rantai pasokan UMKM Bambu Kreatif pada rantai
hilir, yaitu dengan pengelolaan jaringan distribusi, agar produk bisa sampai ke
konsumen dengan cepat dan tepat. Fenomena yang terjadi pada UMKM Bambu
Kreatif yaitu belum optimalnya pemahaman para pelaku bisnis Bambu Kreatif di
wilayah rantai pasokan hilir, yaitu bagaimana penyampaian produk yang cepat dan
tepat kepada konsumen di era digital saat ini. Para pelaku UMKM Bambu Kreatif,
masih memasarkan produknya ke konsumen secara konvensional, mereka belum
memahami sepenuhnya jaringan distribusi yang berbasis digital, yang bisa mereka
gunakan untuk menyampaikan produknya kepada konsumen. Sehingga
menyebabkan penjualan yang stagnan, dan tidak pernah ada peningkatan dari tahun
ke tahunnya. Sehingga diperlukan solusi terhadap permasalah ini. Pengabdian
kepada masyarakat ini bertujuan untuk menemukan solusi pada permasalah tersebut
di atas ini. Metode yang digunakan adalah melalui pelatihan-pelatihan terkait
manajemen rantai pasokan, yaitu pengelolaan pada rantai pasokan hilir, bagaimana
mengelola jaringan distribusi berbasis digital yaitu marketplace yang paling banyak
digunakan para pemasar digitalyaitu Shopee dan social media TikTok. Kemudian
bagaimana cara membuat akun, mempersiapkan objek-objek yang akan dipasarkan,
membuat toko online, sampai mereka mampu berjualan di toko online dan
mengelola toko online yang merupakan jaringan distribusi atau rantai pasokan hilir,
agar produk bisa sampai ke konsumen dengan cepat dan tepat.
Kata kunci: Rantai pasokan, pemasaran digital, UMKM, Media Sosial, Jaringan
Distribusi
Lihat Dokumen