PENERAPAN BISNIS DIGITAL TERHADAP UMKM RENGGINANG DALAM MENINGKATKAN PEMASARAN PRODUK (UMKM Rengginang Ibu Iis RT 04 RW 02 Kampung Cipepe Desa Mekargalih Kecamatan Tarogong Kidul Kabupaten Garut Jawa Barat Indonesia)


  • Jurnal Nasional
  • Hilman Rismanto, Husni Muharam, Rahmi Zachra Oktavia
  • Jurnal Abdi Masyarakat

Abstrak

Digital marketing telah berkembang dengan sangat pesat seja penggunaan internet yang tinggi. Tingkat penggunaan ini dipicu dengan kehadiran smartphone dengan harga yang sangat terjangkau. Tetapi penggunaan digital marketing tidak banyak disadari oleh pelaku bisnis, terutama para UMKM di Desa Mekargalih yang salah satunya memproduksi usaha Rengginang. Kebanyakan UMKM di Desa ini beranggapan bahwa digital marketing merupakan tempat untuk terjadinya transaksi, hal ini berbeda jauh dengan pengertian sebenarnya dari digital marketing. Karena digital merketing ini merupakan pemanfaatan semua sumber daya yang berbeda pada internet sebagai tempat pemberi informasi sebagai produk-produk yang dimiliki oleh UMKM tersebut. Media sosial yang digunakan untuk digital marketing tidak hanya tertumpu pada media sosial yang sengaja dibuat untuk UMKM, juga media sosial yang dimiliki oleh pegawai atau karyawan dari UMKM tersebut. Sehingga pemasaran produk memiliki jangkauan yang lebih luas, dan dengan demikian penjualan produk dari UMKM yang berada pada Desa Mekargalih juga meningkat. Kata Kunci: UMKM, pelatihan keterampilan, dan digital marketing.

Lihat Dokumen