Analisis Semiotika Pada Akun Instagram @GALERIGARUT_ Dalam Promosi Pariwisata Di Kabupaten Garut


  • Prosiding Nasional
  • Pupung Pundenswari, Wahyu Andriyas, Abdullah Ramdhani
  • Conference on Public Administration and Society; Doktor Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro

Abstrak

Kabupaten Garut mempunyai potensi wisata yang menarik karena secara topografi dikelilingi oleh pegunungan dan mempunyai pantai yang indah. Potensi pariwisata di kabupaten Garut sangat besar, selain itu saat ini pada era 4.0 informasi tentang pariwisata menjadi lebih mudah diakses melalui internet terutama akun media sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana interaksi warganet dan potensi promosi wisata pada akun @galerigarut_. Analisis semiotika digunakan pada sebanyak 499 postingan yang berhubungan dengan tempat wisata di akun @galerigarut_. Data yang dikumpulkan berasal dari foto yang diunggah di akun tersebut, lalu dianalisis semiotika untuk mendapat kamus pariwisata yang dapat dijadikan hashtag yang dapat memperluas cakupan pada pengguna instagram. Berdasarkan hasil pembahasan yaitu peran akun instagram @galerigarut_ dalam mempromosikan wisata kabupaten Garut cukup tinggi, karena interaksi dalam akun tersebut dengan pengguna instagram sangat aktif, oleh sebab itu akan lebih baik jika akun instagram @galerigarut_ membubuhkan hashtag yang lebih banyak yang sesuai dengan foto menurut analisis semiotika untuk memperluas cakupan pengguna intsgram terkait pariwisata di Kabupaten Garut. Selain itu untuk mengembangkan potensi wisata dan penjaringan wisatawan lokal maupun mancanegara, diperlukan peran pemerintah untuk bekerja sama dengan akun-akun instagram yang fokus pada pariwisata sebagai partner dalam pengembangan potensi wisata yang ada di Kabupaten Garut.

Lihat Dokumen