Pengaruh Konsentrasi dan Lama Fermentasi Pupuk Organik Cair Daun Kirinyuh (Chromolaena odorata L.) terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Mentimun (Cucumis sativus L.),


  • Jurnal Nasional Terakreditasi
  • Syarifah Rosmawati, Jenal Mutakin, Resti Fajarfika
  • JAGROS Journal of Agrotechnonogy and Science Jurnal Agroteknologi dan sains Fakultas Pertanian, Universitas Garut P ISSN : 2775-0485, E ISSN : 2548-7752, halaman 385-393, penulis ke 2 dari 3 orang.

Abstrak

Abstrak Komoditas hortikultura, terutama sayuran memegang peranan penting dalam meningkatkan gizi masyarakat. Produksi mentimun di Indonesia dari tahun ke tahun masih fluktuatif. Upaya peningkatan produksi mentimun dapat dilakukan melalui pemberian pupuk organik cair untuk menunjang kebutuhan unsur hara yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman. Alternatif untuk memenuhi tersedianya unsur hara bagi tanaman adalah menggunakan pupuk organik cair daun kirinyuh yang memiliki kandungan N, P dan K yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kombinasi konsentrasi dan lamanya fermentasi pupuk organik cair daun kirinyuh terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman mentimun. Percobaan ini dilakukan pada Bulan Maret hingga Mei 2020 di Kecamatan Karangtengah Kabupaten Garut. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) pola faktorial 5 x 5 dengan dua ulangan. Faktor pertama Konsentrasi POC daun kirinyuh (A) yang terdiri atas lima taraf antara lain a0 : Tanpa POC, a1 : 10%, a2 : 20%, a3 : 30%, dan a4 : 40%. Faktor ke dua adalah lama fermentasi POC (N) yang terdiri atas lima taraf antara lain n0 : Tanpa Fermentasi, n1 : 10 hari, n2 : 20 hari, n3 : 30 hari dan n4 : 40 hari. Hasil penelitian menunjukkan terdapat interaksi antara konsentrasi dan lamanya fermentasi pupuk organik cair daun kirinyuh terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman mentimun variabel jumlah daun 21 dan 28 HST, jumlah buah per tanaman, bobot buah per tanaman, diameter buah panen ke 2. Kata kunci : Daun kirinyuh, konsentrasi, lama fermentasi, Mentimun, pupuk organik cair.

Lihat Dokumen