ANALISIS PERSEPSI WARGANET MENGENAI HALAL MENGGUNAKAN TWITTER


  • Prosiding Nasional
  • Wati Susilawati, Rahmi Nurul Aulia, Dini Turipanam Alamanda, Abdullah Ramdani, Anita Kurniasih
  • Prosiding SEMNATI 2019, Juli 2019, pp. 49-56, ISSN: 2621-7740, e-ISSN : 2621-3206

Abstrak

Kesadaran masyarakat muslim terhadap halal semakin meningkat seiring dengan meningkatnya informasi dan kriteria mengenai halal itu sendiri. Kata halal sendiri bisa melekat pada berbagai sector, produk maupun jasa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat persepsi warganet di media sosial twitter dalam menggunakan hashtag #halal dalam twit maupun percakapannya. Dengan menggunakan analisis big data, dipilih 10 kata yang paling ramai diperbincangkan di twitter berkaitan dengan halal yaitu antara lain Allah, Haram, Korea, Makanan, BPOM, Produk, Gaji, Herbal, Rejeki, dan Kerja. Pattern menunjukkan bahwa terdapat 3 kata yang membentuk pola segitiga yaitu halal, muslim dan islam. Kata kunci: Halal, Big Data Analysis, Presepsi, Warganet

Lihat Dokumen