
ANALISIS PERSEPSI WARGANET MENGENAI HALAL MENGGUNAKAN TWITTER
- Prosiding Nasional
- Wati Susilawati, Rahmi Nurul Aulia, Dini Turipanam Alamanda, Abdullah Ramdani, Anita Kurniasih
- Prosiding SEMNATI 2019, Juli 2019, pp. 49-56, ISSN: 2621-7740, e-ISSN : 2621-3206
Abstrak
Kesadaran masyarakat muslim terhadap halal semakin meningkat seiring dengan meningkatnya
informasi dan kriteria mengenai halal itu sendiri. Kata halal sendiri bisa melekat pada berbagai
sector, produk maupun jasa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat persepsi warganet di media sosial
twitter dalam menggunakan hashtag #halal dalam twit maupun percakapannya. Dengan
menggunakan analisis big data, dipilih 10 kata yang paling ramai diperbincangkan di twitter
berkaitan dengan halal yaitu antara lain Allah, Haram, Korea, Makanan, BPOM, Produk, Gaji,
Herbal, Rejeki, dan Kerja. Pattern menunjukkan bahwa terdapat 3 kata yang membentuk pola segitiga
yaitu halal, muslim dan islam.
Kata kunci: Halal, Big Data Analysis, Presepsi, Warganet
Lihat Dokumen