
Efektivitas Pelayanan Publik Online Situs Web www.garutkab.go.Id
- Jurnal Nasional
- Yusuf Hermawan, Ade Purnawan, Riska Nurnafajrin, Nita Rika Lestari
- Jurnal Pembangunan dan Kebijakan Publik; Vol. 11, No. 02, Agustus 2021; ISSN : 2614-2511
Abstrak
Dinas sebagai pemberi layanan dan penyedia informasi yang mudah, terpercaya,
akurat dan bermartabat di bidang pelayanan jasa terhadap masyarakat baik secara
administrative maupun non administrative. Yang kemudian di era akhir-akhir ini
media interaksi pelayanan public pun sudah dapat dilakukan secara online. Maka
pemberian layanan beralih dengan menggunakan Web sebagai media interaksi
antara Pemerintah Daerah dengan masyarakat sebagai media pelayanan online. Situs
www.garutkab.go.id milik pemerintah Garut yang memfasilitasi pemberian layanan
dan penyedia informasi terkait pelayanan publik yang dilakukan oleh pemerintah
Garut, yang kemudian diharapkan memberikan kemudahan, kepercayaan, akurat dan
bermartabat. Pada penelitian ini didapat ternyata pelayan public yang difasilitasi
menggunakan Web ini belum efektif atau belum berhasil yang diukur dengan teori
Sedamaryanti yang menyebutkan ada empat pengukuran efektifitas yaitu pendekatan
sumber, pendekatan proses, pendekatan sasaran dan produktivitas. Sebagai hasil
penelitian didapat pelayanan online ini belum ditunjang oleh sistem manajemen dan
proses kerja yang efektif baik dari sumber, proses, sasaran dan produktivitas, seperti
kesiapan peraturan yang sering berubah-ubah dan keterbatasan sumber daya manusia
dari segi kualitas dan kuantitasnya, keamanan data dari situs web sehingga
kemampuan informasi belum dikatakan aman, dan kemampuan masyarakat,
jangkauan dari layanan publik yang dikembangkan untuk masyarakat juga menjadi
terbatas mengakses jaringan internet.
Lihat Dokumen