Efektivitas Pelayanan Publik Online Situs Web www.garutkab.go.Id


  • Jurnal Nasional
  • Yusuf Hermawan, Ade Purnawan, Riska Nurnafajrin, Nita Rika Lestari
  • Jurnal Pembangunan dan Kebijakan Publik; Vol. 11, No. 02, Agustus 2021; ISSN : 2614-2511

Abstrak

Dinas sebagai pemberi layanan dan penyedia informasi yang mudah, terpercaya, akurat dan bermartabat di bidang pelayanan jasa terhadap masyarakat baik secara administrative maupun non administrative. Yang kemudian di era akhir-akhir ini media interaksi pelayanan public pun sudah dapat dilakukan secara online. Maka pemberian layanan beralih dengan menggunakan Web sebagai media interaksi antara Pemerintah Daerah dengan masyarakat sebagai media pelayanan online. Situs www.garutkab.go.id milik pemerintah Garut yang memfasilitasi pemberian layanan dan penyedia informasi terkait pelayanan publik yang dilakukan oleh pemerintah Garut, yang kemudian diharapkan memberikan kemudahan, kepercayaan, akurat dan bermartabat. Pada penelitian ini didapat ternyata pelayan public yang difasilitasi menggunakan Web ini belum efektif atau belum berhasil yang diukur dengan teori Sedamaryanti yang menyebutkan ada empat pengukuran efektifitas yaitu pendekatan sumber, pendekatan proses, pendekatan sasaran dan produktivitas. Sebagai hasil penelitian didapat pelayanan online ini belum ditunjang oleh sistem manajemen dan proses kerja yang efektif baik dari sumber, proses, sasaran dan produktivitas, seperti kesiapan peraturan yang sering berubah-ubah dan keterbatasan sumber daya manusia dari segi kualitas dan kuantitasnya, keamanan data dari situs web sehingga kemampuan informasi belum dikatakan aman, dan kemampuan masyarakat, jangkauan dari layanan publik yang dikembangkan untuk masyarakat juga menjadi terbatas mengakses jaringan internet.

Lihat Dokumen