Analisis Strategi Pengelolaan Kawasan Objek Wisata Candi Cangkuang Di Kabupaten Garut
- Prosiding Nasional
- Nurbudiwati, Rd. Ade Purnawan
- PROSIDING SEMINAR NASIONAL ADMINISTRASI PUBLIK & CALL FOR PAPER, Ciamis; Januari 2020, Ciamis
Abstrak
Pariwisata adalah berbagai macam kegiatan wisata yang didukung berbagai fasilitas serta layanan
yang disediakan masyarakat, pengusaha, dan pemerintah, dimana keberadaannya langsung
menyentuh dan melibatkan masyarakat, sehingga membawa manfaat terhadap masyarakat. Saat ini
perkembangan objekwisatamengalami peningkatan yang cukup pesat,sehingga menjadikan tantangan
berat bagi pemerintah, upaya revitalisasi telah dilakukan namun belum mampu mengatasi
permasalahan yang terjadi. Karenanya dibutuhkan strategi yang tepat dalam pengelolaan objek
wisataagar mampu menjadi tujuan tetap wisatawan serta referensi dalam revitalisasi objek wisata
lainnya dalam mewujudkan kawasan strategi pariwisata nasional. Konsep Kawasan Strategi
Pariwisata nasional digunakan untuk pariwisata yang mempunyai pengaruh penting dalam satu atau
lebih aspek, seperti pertumbuhan ekonomi, sosial dan budaya, pemberdayaan sumber daya alam,
daya dukung lingkungan hidup, serta pertahanan dan keamanan. (Permen Pariwisata No. 3 Tahun
2018). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi yang dapat dilakukan oleh Polisi Khusus
dan Juru Pelihara Objek Wisata Candi Cangkuang dan untuk mengetahui apa saja faktor pendukung
dan faktor penghambat strategi pengelolaan Objek Wisata. Adapun peneliti menggunakan teori
manajemen strategi dari Sedarmayanti (2014:67). Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif
dengan teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun sumber
data primer yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan teknik purposive sampling.Penulis
mengambil lokasi penelitian di Objek Wisata Candi Cangkuang, melibatkan 24 informan, yakni:
Polsus, Jupel, Petugas Tiket,Pemilik Rakit, Pedagang kaki lima, Penghuni Rumah Pulo dan
Wisatawan. Hasil penelitian strategi pengelolaan kawasan objek wisata candi cangkuang, melalui
analisis SWOT didapatkan 8 isu strategi, faktor pendukung dan penghambat dalam menjalankan
strategi tersebut.
Lihat Dokumen