Analisis Strategi Pengelolaan Kawasan Objek Wisata Candi Cangkuang Di Kabupaten Garut


  • Prosiding Nasional
  • Nurbudiwati, Rd. Ade Purnawan
  • PROSIDING SEMINAR NASIONAL ADMINISTRASI PUBLIK & CALL FOR PAPER, Ciamis; Januari 2020, Ciamis

Abstrak

Pariwisata adalah berbagai macam kegiatan wisata yang didukung berbagai fasilitas serta layanan yang disediakan masyarakat, pengusaha, dan pemerintah, dimana keberadaannya langsung menyentuh dan melibatkan masyarakat, sehingga membawa manfaat terhadap masyarakat. Saat ini perkembangan objekwisatamengalami peningkatan yang cukup pesat,sehingga menjadikan tantangan berat bagi pemerintah, upaya revitalisasi telah dilakukan namun belum mampu mengatasi permasalahan yang terjadi. Karenanya dibutuhkan strategi yang tepat dalam pengelolaan objek wisataagar mampu menjadi tujuan tetap wisatawan serta referensi dalam revitalisasi objek wisata lainnya dalam mewujudkan kawasan strategi pariwisata nasional. Konsep Kawasan Strategi Pariwisata nasional digunakan untuk pariwisata yang mempunyai pengaruh penting dalam satu atau lebih aspek, seperti pertumbuhan ekonomi, sosial dan budaya, pemberdayaan sumber daya alam, daya dukung lingkungan hidup, serta pertahanan dan keamanan. (Permen Pariwisata No. 3 Tahun 2018). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi yang dapat dilakukan oleh Polisi Khusus dan Juru Pelihara Objek Wisata Candi Cangkuang dan untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat strategi pengelolaan Objek Wisata. Adapun peneliti menggunakan teori manajemen strategi dari Sedarmayanti (2014:67). Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun sumber data primer yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan teknik purposive sampling.Penulis mengambil lokasi penelitian di Objek Wisata Candi Cangkuang, melibatkan 24 informan, yakni: Polsus, Jupel, Petugas Tiket,Pemilik Rakit, Pedagang kaki lima, Penghuni Rumah Pulo dan Wisatawan. Hasil penelitian strategi pengelolaan kawasan objek wisata candi cangkuang, melalui analisis SWOT didapatkan 8 isu strategi, faktor pendukung dan penghambat dalam menjalankan strategi tersebut.

Lihat Dokumen