PENGARUH KUALITAS PELAYANAN RITEL DAN ATMOSFIR GERAI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA MINIMARKET YOMART WANARAJA 2 GARUT


  • Jurnal Nasional
  • Wati Susilawati, Didit Aditia Nugraha
  • Jurnal Wacana Ekonomi, Vol. 15 No. 2, Tahun 2016, ISSN: 1412-5897

Abstrak

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Kualitas Pelayanan Ritel Dan Atmosfir Gerai Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Minimarket Yomart Wanaraja 2 Garut”. Penelitian ini terdiri dari tiga variabel yaitu, variabel kualitas pelayanan ritel (X1), atmosfir gerai (X2), dan loyalitas pelanggan (Y). Secara umum, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan ritel dan atmosir gerai terhadap loyalitas pelanggan di Minimarket Yomart Wanaraja 2 Garut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan asosiatif. Dalam penelitian ini diperoleh sampel sebanyak 96 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan, kuesioner/angket, wawancara, dan studi dokumentasi. Skala pengukuran data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala interval. Data yang diperoleh dari hasil kuesioner kemudian diolah menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji t, analisis koefisien korelasi, dan koefisien determinasi dan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian dari perhitungan regresi berganda, didapatkan hasil yang menyatakan bahwa secara parsial kualitas pelayanan ritel dan atmosfir gerai berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan sehingga H0 ditolak, artinya kualitas pelayanan ritel danatmosfir gerai berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan Ritel, Atmosfir Gerai, Loyalitas Pelanggan

Lihat Dokumen