ANALISIS PREFERENSI GENERASI Y UNTUK GREEN PACKAGING KOPI


  • Prosiding Nasional
  • Tinneke Hermina, Acep Abdul Basit, Muslim Alkautsar, Hanifah Fauziah
  • Prosiding Forum Manajemen Indonesia 14, 25-27 Oktober 2022, ISSN: 2407-0548

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk memperolah gambaran preferensi Generasi Y sebagai konsumen terkait green packaging untuk kopi organik. Pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 yang merupakan pecinta kopi organik. Alat analisis data yang digunakan adalah conjoint analysis untuk mencari preferensi yang diinginkan oleh konsumen dengan menggunakan 4 atribut kemasan meliputi bentuk dan warna kemasan, bentuk, informasi produk, dan teknologi kemasan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan konsumen menginginkan kemasan kopi yang sederhana agar menunjukan kesna yang elegan, alami, dan tidak menggantikan karakter kopi. Bentuk kemasan yang diinginkan berbentuk trapesium seperti pouch dengan zipper. Informasi produk ditulis dengan singkat, informasi yang menurut responden penting meliputi asal daerah produk, jenis kopi, dan tanggal kadaluarsa. Teknologi kemasan diinginkan kemasan yang terdapat logo 3R sebagai tanda bahwa kemasan tersebut mampu memberikan manfaat lebih yaitu prinsip reduce artinya kemasan kopi yang mudah terurai agar tidak mencemari lingkungan. Diantara keempat atribut yang digunakan untuk mengukur preferensi konsumen tampak atribut teknologi kemasan yang dianggap paling penting karena responden menganggap teknologi dalam kemasan dapat memberikan nilai yang lebih baik bagi konsumen, bagi kualitas produk, maupun bagi lingkungan. Kata Kunci: Green marketing, green packaging, kopi, preferensi konsumen

Lihat Dokumen