PROJECT-BASED LEARNING MELALUI PERANCANGAN MODEL BISNIS KANVAS DALAM PEMBELAJARAN PHARMAPRENEURSHIP DI STFB


  • Jurnal Nasional
  • Kosasih Kosasih, Deden Indra Dinata, Oktri Muhammad Firdaus, Achmad Fadjar
  • Jurnal Farmasi Galenika Volume 5 No. 2, 2018, EISSN 2406 9299

Abstrak

alah satu model pembelajaran entrepreneurship di bidang farmasi yang dapat membentuk karakter dan penguasaan konsep serta keterampilan entrepreneurship ialah model project-based learning. Model ini melibatkan mahasiswa dalam kegiatan pemecahan masalah dengan memberi peluang bekerja secara otonom mengkonstruksi belajar mereka sendiri, dan puncaknya menghasilkan produk karya mahasiswa bernilai dan realistik. Model bisnis kanvas digunakan untuk menggambarkan bisnis proses secara sistematis untuk pengambilan keputusan pengembangan manajemen strategi bisnisnya. Penelitian eksperimen dengan pre test-post test control group design ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi metode pembelajaran project-based Learning melalui penggunaan model bisnis kanvas dalam pembelajaran pharmapreneurship di STFB. Hasil penelitian yang ditunjukkan oleh uji korelasi yang digunakan, terlihat bahwa korelasi antara penggunaan model bisnis kanvas dan project-based learning korelasinya kuat, signifikan dan searah. Demikian juga hubungan antara project-based learning melalui penggunaan model bisnis kanvas dengan pembelajaran entrepreneurship memperlihatkan skor nilai yang sempurna sehingga korelasinya sangat kuat. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa model project-based learning menuntut kemampuan peserta didik untuk dapat mengelola kegiatan dari mulai perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi dari kegiatannya dan penggunaan model bisnis kanvas cukup mendukung kegiatan pembelajaran pharmapreneurship. Metode ini hendaknya di lakukan dengan porsi yang cukup agar mahasiswa semakin terlatih dalam membangun dan mengembangkan rencana bisnisnya.

Lihat Dokumen