STRATEGI UNIT BISNIS RAMEN JANGAR 69


  • Jurnal Nasional
  • Sarah Nuraeni, Nizar Alam Hamdani, Rohimat Nurhasan
  • Journal of Entrepreneurship and Strategic Management, Vol. 1 No. 2 Tahun 2022, pISSN: 2829-6400 eISSN: 2829-4335

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis faktor internal dan eksternal apa yang memiliki penilaian tertinggi berdasarkan matriks pembobotan IFE (Internal Factors Evaluation) dan matriks EFE (External Factors Evaluation). Kemudian menganalisis posisi Ramen Jangar 69 saat ini dan strategi apa yang tepat untuk dilakukan berdasarkan matriks IE (Internal Eksternal) dan matriks SWOT (Strengths, Industry, Opportunities, dan Threats). Dari hasil yang diperoleh, selanjutnya akan dikembangkan strategi pada blue ocean strategy untuk keluar dari persaingan zona merah sekaligus menciptakan pasar baru. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan deskriptif kuantitatif dan kualitatif dengan menganalisis lebih dalam lingkungan internal dan eksternal serta strategi yang diterapkan saat ini. Alat analisis yang digunakan berupa IFE (Internal Factors Evaluation), matriks EFE (External Factors Evaluation), IE (Internal External), matriks SWOT (Strengths, Industry, Opportunities, and Threats), canvas strategy dan framework empat langkah . Dilakukan untuk melihat kondisi Ramen Jangar 69 kemudian dikembangkan dalam strategi samudra biru. Hasil penelitian menunjukkan terdapat delapan faktor internal dan eksternal yang memiliki penilaian tertinggi, dan stabilitas posisi Ramen Jangar 69 saat ini dengan rating IFE 3.12 dan EFE 2.73 serta terdapat delapan alternatif strategi yang dihasilkan melalui matriks SWOT. Berdasarkan analisis strategi samudra biru Ramen Jangar mampu menjauh dari persaingan sengit dengan rival melalui kanvas strategi yang dibuat. Kata Kunci: Blue Ocean Strategy, IFE Matrix, SWOT Matrix, IE Matrix.

Lihat Dokumen