PERSEPSI RISIKO DAN PERSEPSI KEMUDAHAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION SECARA ONLINE


  • Jurnal Nasional Terakreditasi
  • Fuji Mahayati Gusti, Nizar Alam Hamdani, Rohimat Nurhasan
  • Jurnal Wacana Ekonomi, Vol. 20 No. 2, Tahun 2021, pISSN: 1412-5897, eISSN: 2715-517X

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi risiko dan persepsi kemudahan terhadap keputusan pembelian produk fashion secara online. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat umum berusia 18 sampai 30 tahun yang pernah atau sering melakukan pembelian produk fashion secara online. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling, dimana populasi yang diambil sebagai subjek sampel tidak diketahui dengan cara pengambilan sampel menggunakan metode accidental sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Regresi Berganda dengan menggunakan SPSS Versi 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel persepsi risiko dan persepsi kenyamanan secara parsial berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa 33,8% variabel keputusan pembelian dijelaskan oleh variabel persepsi risiko dan 28,5% variabel keputusan pembelian dijelaskan oleh persepsi kemudahan, sedangkan sisanya 37,7% dijelaskan. dijelaskan oleh variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata kunci: Keputusan Pembelian, Persepsi Kemudahan, Persepsi Risiko, Produk Fashion.

Lihat Dokumen