Analysis of The Application of Learning Theory of J.B. Bruner in a Counseling Study Counting Operation to Add Whole Numbers


  • Jurnal Nasional Terakreditasi
  • Ejen Jenal Mutaqin, Neni Nadiroti Muslihah, Nizar Alam Hamdani, Sri Dewi Febriani Sasty
  • Social, Humanities, and Educational Studies, Vol 4 No 1 2020 p-ISSN 2620-9284 e-ISSN 2620-9292

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui hasil analisis penerapan teori belajar Jerome S. Bruner dalam pembelajaran konsep operasi hitung penjumlahan bilangan cacah di kelas I Sekolah Dasar. Teori belajar Jerome S. Bruner merupakan salah satu teori belajar yang menekankan pada proses belajar menggunakan mental, yaitu individu yang belajar mengalami sendiri apa yang dipelajarinya agar proses tersebut dapat direkam dalam pikirannya dengan caranya sendiri. Tahapan teori belajar Bruner yaitu: (1) tahap enaktif (2) tahap ikonik dan (3) tahap simbolik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar kerja siswa, observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan proses penerapan teori belajar Jerome S. Bruner dapat memberikan pengaruh baik dan meningkatkan pemahaman dan kemampuan belajar siswa pada pembelajaran operasi hitung penjumlahan bilangan cacah di kelas I SDN I Mekarsari.

Lihat Dokumen