
STRATEGI KEUNGGULAN BERSAING YANG BERORIENTASI KEPADA KINERJA PEMASARAN PERGURUAN TINGGI SWASTA
- Jurnal Nasional Terakreditasi
- Rita Herawati, Nizar Alam Hamdani, Wati Susilawati
- Journal Civics and Social Studies, p-ISSN 2655-7304 e-ISSN 2655-8963
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk menganalisa pengaruh Strategi Keunggulan Bersaing yang
Berorientasi kepada Kinerja Pemasaran di Universitas Garut. Metode penelitian yang
digunakan adalah metode descriptive survey dan explanatory survey dengan unit
analisis organisasi, yaitu Universitas Garut dan unit observasi adalah pipinanan
perguruan tinggi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan
structural equation modeling berbasis varian atau komponen yaitu partial least square
(PLS) dengan program smartpls 3.0, maka semua anggota populasi ditetapkan sebagai
responden. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Lingkungan pemasaran eksternal
memiliki pengaruh positif terhadap keunggulan bersaing. 2) Lingkungan pemasaran
eksternal tidak memiliki pengaruh terhadap Kinerja Pemasaran, 3) Lingkungan
pemasaran internal memiliki pengaruh positif terhadap keunggulan bersaing, 4)
Lingkungan pemasaran internal tidak memiliki pengaruh terhadap Kinerja pemasaran,
5) Keunggulan bersaing memiliki pengaruh positif terhadap Kinerja Pemasaran.
Lihat Dokumen