STRATEGI KEUNGGULAN BERSAING YANG BERORIENTASI KEPADA KINERJA PEMASARAN PERGURUAN TINGGI SWASTA


  • Jurnal Nasional Terakreditasi
  • Rita Herawati, Nizar Alam Hamdani, Wati Susilawati
  • Journal Civics and Social Studies, p-ISSN 2655-7304 e-ISSN 2655-8963

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk menganalisa pengaruh Strategi Keunggulan Bersaing yang Berorientasi kepada Kinerja Pemasaran di Universitas Garut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode descriptive survey dan explanatory survey dengan unit analisis organisasi, yaitu Universitas Garut dan unit observasi adalah pipinanan perguruan tinggi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan structural equation modeling berbasis varian atau komponen yaitu partial least square (PLS) dengan program smartpls 3.0, maka semua anggota populasi ditetapkan sebagai responden. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Lingkungan pemasaran eksternal memiliki pengaruh positif terhadap keunggulan bersaing. 2) Lingkungan pemasaran eksternal tidak memiliki pengaruh terhadap Kinerja Pemasaran, 3) Lingkungan pemasaran internal memiliki pengaruh positif terhadap keunggulan bersaing, 4) Lingkungan pemasaran internal tidak memiliki pengaruh terhadap Kinerja pemasaran, 5) Keunggulan bersaing memiliki pengaruh positif terhadap Kinerja Pemasaran.

Lihat Dokumen