IMPRESSION MANAGEMENT PENGGUNA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM


  • Jurnal Nasional
  • Mustofa Abror, Rohimat Nurhasan, Intan Tenisia Prawita Sari
  • Journal of Knowledge Management, Vol. 14 No. 2 Tahun 2020, eISSN: 2964-5522

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Impression Management Pengguna Media Sosial Instagram, dan objek dari penelitian ini merupakan seseorang yang menjabat sebagai Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio dalam akun Instagramnya @wishnutama. Metode analisis isi kualitatif deskriptif dipakai ataupun digunakan untuk menganalisis 44 unggahan foto pada akun instagram Wishnutama Kusubandio, dimana merupakan unggahan dua bulan masa awal pengangkatan Wishnutama Kusubandio sebagai seorang Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang dimana hal ini merupakan masa yang paling tepat untuk menunjukan ataupun melakukan Impression management yang dilakukannya. Dalam penelitian ini menemukan dari kelima taktik Impression Management yang dilakukan Wishnutama Kusubandio di akun media sosial instagramnya hanya menggunakan tiga taktik Impression Management yaitu Ingratiation, Self Promotion, dan Exemplification. Sedangkan taktik yang sering atau banyak dipakai adalah Ingratiation dan Self Promotion, yang mana kedua taktik tersebut akan membuat dirinya terlihat sebagai seseorang yang baik hati, menarik dan kompeten. Kata kunci: Impression management, Instagram.

Lihat Dokumen