Documentation of traditional drug and medicine plant used community Talang seluai village subdistrict Ulu ogan district Ogan komering ulu South sumatera province.


  • Jurnal Nasional
  • Ria Mariani, atun Qowiyyah, Mimim Rojena
  • Journal of Pharmacy Science and Technology, Volume 1 No.1 Februari 2018, ISSN: 2614-0993. https://farmasi-journal.hangtuah.ac.id/index.php/jurnal/article/view/18

Abstrak

Penelitian ini mengiventarisasi tumbuhan obat dan mengkaji ramuan tradisonal yang digunakan masyarakat Desa Talang Seluai Kecamatan Ulu Ogan Kabupaten Ogan Komering Ulu Provinsi Sumatera Selatan. Penelitian dilakukan pada bulan Oktober sampai dengan Desember 2016. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode kualitatif. Penelitian kualitatif dilakukan dengan teknik wawancara semi struktural yang berpedoman pada daftar pertanyaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tumbuhan yang digunakan sebagai obat oleh masyarakat Desa Talang Seluai berjumlah 26 jenis dalam 18 suku tumbuhan, dimana terdapat satu tumbuhan yang tidak terdeteksi jenisnya yaitu Yakhian dari suku Leguminoseae. Suku tumbuhan yang paling banyak digunakan adalah Lamiaceae. Daun adalah bagian tumbuhan yang paling banyak digunakan. Cara pengolahan tumbuhan paling banyak direbus dan diperoleh dari perkarangan rumah. Di Desa Talang Seluai juga terdapat 6 macam ramuan yang digunakan masyarakat untuk pengobatan yang terdiri dari dua ramuan obat dalam (obat diare dan obat rematik) serta empat obat luar (obat rematik, obat bengkak, luka bengkak dan penyakit kulit/ kudis).

Lihat Dokumen