EFEKTIVITAS PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PEMANFAATAN PLATFORM MERDEKA MENGAJAR TERHADAP PENINGKATAN KREATIVITAS DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU


  • Jurnal Nasional Terakreditasi
  • Rika Nuronisa Sholihah, Nizar Alam Hamdani, Encep Suherman
  • AL-MUADDIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, Volume 5 Nomor 2, Oktober 2023, e-ISSN 2685-9149, https://doi.org/10.46773/muaddib.v5i2.699

Abstrak

Penelitian ini berjudul “Efektivitas Pendidikan dan Pelatihan Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar terhadap Peningkatan Kreativitas dan Kompetensi Pedagogik Guru (Penelitian True Experimental Design terhadap Guru-guru Pelaksana Kurikulum Merdeka di Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang)” Peneletian ini dilatari pengamatan sementara ditemukan permasalahan bahwa guru-guru kurang memahami Kurikulum Merdeka. Padahal, pemerintah sudah menyediakan sarana untuk sosialisasi Kurikulum Merdeka tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pendidikan dan pelatihan pemanfaatan platform merdeka mengajar terhadap peningkatan kreativitas dan kompetensi pedagogik guru. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang digunakan adalah dengan menggunakan bentuk True-Experimental Design, yaitu desain yang penelitinya dapat mengontrol semua variabel luar yang mempengaruhi manipulasi eksperimen. Teknik pengumpulan datanya berupa tes yang dilakukan setelah diberikan perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) sebelum pendidikan dan pelatihan pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar, hasil analisis ujiShapiro-Wilk menunjukkan bahwa sebaran data hasil belajar kreativitas dan kompetensi pedagogik tidak berdistribusi normal. Hal ini menandakan adanya perbedaan tingkat kemampuan kreativitas dan kompetensi pedagogik di antara para guru sebelum mengikuti pelatihan. (2) Terjadi peningkatan yang signifikan dalam kreativitas dan kompetensi pedagogik guru pelaksana Kurikulum Merdeka di Kecamatan Cimanggung. Hasil analisis uji Wilcoxonmenunjukkan bahwa mayoritas dari 30 responden mengalami peningkatan nilai kreativitas dan kompetensi pedagogik setelah mengikuti pelatihan. (3) Efektivitas pendidikan dan pelatihan pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar dengan topik Perencanaan Pembelajaran SD terhadap peningkatan kreativitas dan kompetensi guru-guru pelaksana Kurikulum Merdeka di Kecamatan Cimanggung secara keseluruhan dapat dikatakan berhasil. Berdasarkan temuan penelitian di atas, maka pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar layak digunakan oleh guru sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan topik Perencanaan Pembelajaran.

Lihat Dokumen