MENINGKATKAN MUTU PERGURUAN TINGGI BERBASIS KNOWLEDGE MANAGEMENT


  • Buku Referensi
  • Nizar Alam Hamdani
  • Penerbit Widina Bhakti Persada Bandung, ISBN 978-623-459-448-5

Abstrak

Membangun keunggulan sebuah organisasi di dalam suatu persaingan yang sedemikian tinggi, mengharuskan para pemimpin organisasi menemukan strategi yang lebih baik sesuai dengan tuntutan perubahan lingkungan persaingan. Strategi seyogyanya dibangun atas dasar pemahaman yang komprehensif mengenai asset atau sumber daya apa yang dapat digunakan organisasi bila ingin unggul. Penerapan knowledge management dalam sektor pendidikan memberikan dampak terhadap peningkatan mutu dan kinerja perguruan tinggi melalui proses penciptaan pengetahuan, transfer pengetahuan, penyimpanan pengetahuan dan penggunaan kembali pengetahuan dengan di dukung oleh faktor enabler yaitu teknologi, budaya, SDM dan organisasi. Maka dari itu Knowledge management merupakan hal yang sangat melekat dengan institusi pendidikan tinggi. Perguruan Tinggi (PT) sebagai penghimpun knowledge memiliki peran dalam mendukung konsep ekonomi berbasis knowledge. Sejak mulai berdirinya elemen-elemen dalam pengelolaan knowledge seperti penciptaan knowledge (knowledge creation), pengalihan knowledge (knowledge transfer), dan penyebaran knowledge (knowledge dissemination) secara tradisional telah dilakukan PT lebih dari itu, karakteristik PT modern sangat konsisten dengan kaidah pengelolaan knowledge tersebut.

Lihat Dokumen