Technology Acceptance of Go Food Services
- Jurnal Nasional Terakreditasi
- Novie Susanti Suseno
- Jurnal Algoritma; Vol. 21 No. 1; Hal 278-283; DOI: 10.33364/algoritma/v.21-1.1603
Abstrak
Generasi milenial, yang akrab dengan perangkat elektronik dan internet, telah terbiasa mengorder makanan melalui aplikasi. Karena penggunaan aplikasi untuk pemesanan makanan telah meluas karena era ekonomi digital. Dimana kegiatan ekonomi sudah mulai
berbasiskan pada pemanfaatan teknologi informasi. Namun, hal ini tentunya perlu diteliti lebih lanjut untuk mengetahui lebih banyak tentang bagaimana teknologi melalui order online dapat mempengaruhi perilaku minat dan keputusan pembelian kembali di kalangan generasi milenial. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen untuk melakukan repurchase decision, diantaranya perceived ease of use, perceived usefulness, trust, dan purchase decision. Dalam penelitian ini populasi yang digunakan sebagai sampel sebanyak 100 responden. Penulis menggunakan data primer yaitu dengan menyebarkan kuesioner terhadap pengguna GoFood. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengolahan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan t-test pada masing-masing jalur pengaruh langsung secara parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kemudahan penggunaan (perceived ease of use) berpengaruh terhadap niat membeli (purchase decision),persepsi kegunaan (perceived usefulness) berpengaruh terhadap niat membeli (purchase decision), kepercayaan (trust) berpengaruh terhadap niat membeli (purchase decision), persepsi kemudahan penggunaan (perceived ease of use) berpengaruh terhadap niat membeli kembali (repurchase decision), persepsi kegunaan (perceived usefulness) berpengaruh terhadap niat membeli kembali
(repurchase decision), kepercayaan (trust) berpengaruh terhadap niat membeli kembali (repurchase decision), dan niat membeli (purchase decision) berpengaruh terhadap niat membeli kembali (repurchase decision). Implikasi penelitian ini semakin memperjelas bagaimana peranan teknologi yang diterapkan dalam bisnis kuliner mempengaruhi perilaku minat masyarakat untuk menggunakan aplikasi gofood.
Lihat Dokumen