Analisis Semiotika Makna Komunikasi Keluarga Pada Film Ngeri-Ngeri Sedap


  • Jurnal Nasional
  • Mayang Suci Dewi Rangga Arsati1 , Zikri Fachrul Nurhadi2 , Novie Susanti Suseno3
  • AVANT GARDE, VOL. 11 NO. 02, DESEMBER 2023, 315-323

Abstrak

ikasi keluarga yang tidak berjalan lancar tergambar pada penelitian yang berjudul Analisis Semiotika Makna Komunikasi Keluarga Pada Film Ngeri–Ngeri Sedap. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tanda, objek dan interpretant tentang makna komunikasi keluarga, dengan harapan hubungan keluarga dapat menjadi tempat bersandar tanpa adanya kesalahpahaman akibat komunikasi yang buruk. Film yang di sutradarai oleh Bene Dion Rajagukguk ini bercerita mengenai keluarga yang memiliki anak-anak yang enggan untuk pulang dari tempat rantauan yang membuat Pak Domu dan Mak Domu melakukan Tindakan pura-pura bercerai agar anak-anak bisa berkumpul kembali. Penelitian ini bersifat deskriftif dengan pendekatan kualitatif berdasarkan Teori Semiotika Charles Sanders Pierce. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti adalah observasi secara tidak langsung, wawancara dan studi kepustakaan. Penelitian ini dilakukan pada film maka menggunakan observasi secara tidak langsung. Peneliti akan memilih beberapa scene yang menunjukkan proses komunikasi keluarga. Kemudian, peneliti akan menganalisis makna komunikasi keluarga melalui tanda (sign), objek, dan interpretant yang ada di film Ngeri-Ngeri Sedap. Peneliti mengambil 5 scene untuk diobservasi berdasarkan temuan yang diperoleh tanda (sign), interkasi keluarga pak domu saat menyelesaikan masalah, object sebuah potongan gambar yang menunjukan hal-hal yang memicu terjadi nya konflik dan juga proses komunikasi yang terjalin pada keluarga Pak Domu, interpretant, makna mendalam dari sebuah gambaran film tentang realitas keluarga yang ditampilkan dan dirasakan oleh penikmat film. Kata Kunci: Film, Makna, Komunikasi Keluarga, Semiotika,

Lihat Dokumen