ANALISIS KOMUNIKASI TENTANG FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA UKM PENYAMAKAN KULIT DI SUKAREGANG KABUPATEN GARUT


  • Jurnal Nasional Terakreditasi
  • Fitrin Rawati Suganda
  • Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian, Vol. 7 No. 1 Tahun 2021 P-ISSN: 2461-0836 E-ISSN: 2580-538X

Abstrak

Sentra penyamakan kulit yang terletak di Sukaregang Kabupaten Garut didominasi Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Dari 282 unit usaha tersebut, hanya 53 unit usaha dengan kategori kinerja yang baik, dengan indikator utama jumlah produksi yang dihasilkan setiap periodenya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja dan faktor yang paling dominan yang mempengaruhi kinerja UKM penyamakan kulit di Sukaregang Kabupaten Garut. Jumlah responden sebanyak 53 orang, dengan jumlah variabel awal adalah 30 variabel. Pengambilan sampel dengan teknik Purposive Sampling. Sedangkan metode analisis data menggunakan Uji Validitas, Uji Reliabilitas, dan Analisis Faktor Ekploratori. Berdasarkan uji kelayakan instrumen penelitian, hasilnya data valid dan reliabel. Berdasakan hasil Analisis Faktor dari 30 variabel awal, sebanyak 26 variabel yang memenuhi untuk proses analisis faktor selanjutnya, kemudian dari 26 variabel yang dianalisis tersebut terbentuk menjadi delapan faktor yang mempengaruhi kinerja UKM penyamakan kulit di Sukaregang Kabupaten Garut. Kedelapan Faktor tersebut diberi nama berdasarkan pertimbangan-pertimbangan tertentu, kedelapan faktor tersebut adalah: Faktor Skala Usaha, Faktor Proses Produksi, Faktor Unsur Produksi, Faktor Kinerja Karyawan, Faktor Eksternal, Faktor Entrepreneurship, Faktor Sumber Daya Manusia, Faktor Rantai Pasokan. Sedangkan faktor yang paling dominan yang mempengaruhi kinerja UKM penyamakan kulit di Sukaregang Kabupaten Garut adalah Faktor Unsur Produksi. Secara teoritis, hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi rujukan bagi penelitian berikutnya. Sedangkan secara praktis dapat memberikan informasi dan rekomendasi bagi para pelaku industri penyamakan kulit khususnya yang kinerja usahanya belum begitu bagus agar dapat memperhatikan dan menerapkan faktor-faktor yang dapat meningkatkan kinerja usahanya.

Lihat Dokumen