FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN JASA EKSPEDISI


  • Jurnal Nasional Terakreditasi
  • Wati Susilawati, Fitrin Rawati Suganda
  • Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian, Vol. 7 No. 2 Tahun 2021 P-ISSN: 2461-0836 E-ISSN: 2580-538X

Abstrak

Berkembangnya e-commerce saat ini, termasuk transaksi jual beli yang melibatkan perusahaan ekspedisi, maka penjual dan pembeli harus pandai dalam memilih jasa ekspedisi yang tepat, sehingga proses pengiriman paket bisa efektif dan efisien. Berbagai atribut layanan perusahan jasa ekspedisi yang dapat dipertimbangkan dan mempengaruhi keputusan konsumen dalam menggunakan jasa ekspedisi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor menjadi keputusan konsumen dalam menggunakan jasa ekspedisi. Objek penelitian ini adalah konsumen yang menggunakan jasa ekspedisi J&T Express di Kabupaten Garut. Metode penelitian menggunakan metode pendekatan kuantitatif, Pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis faktor dengan bantuan program SPSS 24. Berdasarkan hasil penelitian terdapat 3 faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam menggunakan jasa ekspedisi antara lain faktor Delivery Package, faktor Capability Adoption Customer, dan faktor Brand Image.

Lihat Dokumen