DIGITAL MARKETING, INOVASI PRODUK TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA INDUSTRI KREATIF DI KABUPATEN GARUT


  • Prosiding Nasional
  • Wati Susilawati, Fitrin Rawati Suganda
  • Prosiding Abstrak: Seminar Nasional, Konferensi, Workshop dan Pengabdian Masyarakat Forum Manajemen Indonesia Ke-10 Tahun 2018, ISBN 978-602-53291-0-4

Abstrak

Industri kreatif adalah kegiatan ekonomi yang terkait dengan menciptakan atau menggunakan pengetahuan informasi yang berfokus pada penciptaan dan inovasi. Teknologi informasi seperti jaringan internet memainkan peran penting dalam memperkenalkan dan memasarkan produk industri kreatif, sehingga dapat lebih mudah menjangkau konsumen. Salah satu industri kreatif di Garut adalah pusat kerajinan jaket kulit Sukaregang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemasaran digital dan inovasi produk terhadap keputusan pembelian konsumen pada industri kreatif di Kabupaten Garut. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif dan verifikatif. Purposive sampling digunakan untuk mengumpulkan data primer. Sampel penelitian adalah 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pemodelan persamaan struktural digunakan untuk menguji model yang dikembangkan, sedangkan untuk pengolahan data menggunakan Partial Least Square (PLS) Versi 3.0. Berdasarkan uji statistik dan hipotesis, hasilnya menunjukkan bahwa pemasaran digital memiliki pengaruh positif pada keputusan pembelian konsumen, dengan pengaruhnya adalah 0,358. Kemudian, inovasi produk memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen, dengan pengaruhnya adalah 0,617.

Lihat Dokumen