Repository
Universitas Garut


Tugas Akhir Mahasiswa

Hasil Penelitian Mahasiswa



EFEKTIVITAS FOTO DALAM MEMBANGUN CORPORATE IDENTITY

  • Kategori : TA Mahasiswa
  • Penulis : WILLY WILDANY
  • Identitas : 2402714159
  • Abstrak :

    Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fluktuasi tingkat kunjungan dan hunian (okupansi) dalam dua tahun terakhir. Fluktuasi kunjungan ini menunjukkan adanya aspek yang kurang efektif dalam memanfaatkan sarana promosi dan komunikasi perusahaan dengan konsumen. Dugaan ini mengarah kepada kurang efektifnya foto-foto company profile dalam website perusahaan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas foto di website CV Awit Sinar Alam Darajat dalam membangun corporate identity. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan semiotik Roland Barthes, yaitu studi yang mengkaji tentang simbol, linguistik ataupun mitos yang terdapat dalam suatu benda maupun lingkungan yang nantinya akan diartikan tentang apa sebenarnya makna yang terkandung. Dengan pendekatan kualitatif, penelitian ini dapat mengungkap tentang makna denotasi, makna konotasi, dan makna mitos dari sebuah foto yang berkaitan dengan efektivitas membangun corporate identity. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah pengamatan langsung terstruktur, wawancara mendalam, studi kepustakaan dan dokumentasi. Adapun subjek pada penelitian ini adalah pimpinan perusahaan, pengelola studio foto, dan satu orang penggiat medsos, serta lima orang pengunjung dengan menggunakan pursposif sampling. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa foto-foto dalam website perusahaan memiliki makna denotasi, konotasi, dan mitos, serta tiga aspek identitas perusahaan, yaitu perilaku, simbol, dan komunikasi, sehingga foto-foto yang ada di website CV Awit Sinar Alam Darajat Garut berperan efektif dalam membangun identitas perusahaan atau corporate identity. Dengan kata lain, makna denotasi, makna konotasi, dan makna mitos dari foto-foto di website CV Awit Sinar Alam Darajat Garut secara efektif mampu membangun identitas perusahaan tersebut. Kata Kunci: Komunikasi, Makna Semiotik Foto, Roland Barthes, CV Awit Sinar Alam Darajat

Preview

Laman Terkait

SINTA

Science and Technology Index (SINTA)

GARUDA

Garba Rujukan Digital (GARUDA)

RAMA

Repository Penelitian Dosen & Mahasiswa

ARJUNA

ARJUNA Akreditasi Jurnal Nasional