Repository
Universitas Garut


Tugas Akhir Mahasiswa

Hasil Penelitian Mahasiswa



PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN SHOPEE TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI KABUPATEN GARUT

  • Kategori : TA Mahasiswa
  • Penulis : Novi Nurhayati
  • Identitas : 24077115107
  • Abstrak :

    Novi Nurhayati, 24077115107. Judul penelitian ini adalah: Pengaruh Komunikasi Pemasaran Shopee Terhadap Loyalitas Pelanggan di Kabupaten Garut. Penelitian ini dilatar belakangi oleh seiring perkembangan teknologi dan komunikasi, yang telah bayak bermunculan berbagai bentuk usaha atau bisnis yang berbasis online dimana pada kegiatannya dengan memanfaatkan jejaring internet, atau lebih dikenal dengan istilah ecommerce. Di Indonesia khususnya saat ini e-commerce terlihat semakin bersaing salah satunya adalah Shopee, terutama dalam komunikasi pemasaran, bagaimana suatu produk yang mereka hasilkan dapat dikenal dan diminati oleh publik, sehinggaa nantinya publik tersebut menjadi pelanggan yang loyal. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komunikasi pemasaran Shopee terhadap loyalitas pelanggan di Kabupaten Garut Kecamatan Tarogong Kidul. Penelitian ini menggunakan paradigma positivistik dengan pendekatan kuantitatif. Metode pnelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode desktiptif analisis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan kuisioner, berjumlah 98 sampel pengguna. Analisis data dilakukan untuk mencari hubungan variabel independen dan dependen menggunakan metode analisis korelasi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi pemasaran secara keseluruhan memiliki skor rata-rata pernyataan variabel X 383 dimana skor tersebut menandakan bahwa komunikasi pemasaran bernilai sangat baik. Loyalitas pelanggan variabel Y secara keseluruhan memiliki skor 381 artinya sangat baik. Adapun hubungan komunikasi pemasaran terhadap loyalitas pelanggan > (13.1595> 1.9850), sedangkan besarnya sig 0,00 karena 0,00˂0,05 maka . Artinya komunikasi pemasaran Shopee berhubungan tinggi terhadap loyalitas pelanggan sebesar 64,34%. Kesimpulan bahwa komunikasi pemasaran sangat mempengaruhi loyalitas pelanggan, dibuktikan dari skor yang tinggi yang diambil berdasarkan jawaban dari para responden. Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran, Shopee, E-commerce, Loyalitas Pelanggan

Preview

Laman Terkait

SINTA

Science and Technology Index (SINTA)

GARUDA

Garba Rujukan Digital (GARUDA)

RAMA

Repository Penelitian Dosen & Mahasiswa

ARJUNA

ARJUNA Akreditasi Jurnal Nasional