<

Inovasi Produk Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Pada Masyarakat Desa Wanasari)


  • Jurnal PKM Dosen
  • Rahyuniati Setiawan, Anggi Santoso, Muhammad Reynaldi A.R, Vina Nopyana, Lusiane Maulida A
  • Jurnal Abdi Masyarakat (JAM) Tahun 2020

Abstrak

Kinerja Pemasaran merupakan salah satu indikator untuk mengukur keberhasilan dan kesuksesan pengelolaan suatu usaha. Semakin baik kinerja pemasaran menunjukan keberhasilan dalam menghadapi persaingan. Inovasi produk dan keungggulan produk merupakan variabel-variabel yang diyakini mampu untuk meningkatkan kinerja pemasaran, terutama bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di bidang kuliner seperti usaha nasi kuning Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh langsung variabel inovasi produk dan keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran Jumlah sampel yang diikutsertakan dalam penelitian ini adalah 50 responden, serta menggunakan purposive sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Selanjutnya, Teknik analisa data menggunakan Analisa Regresi Berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa inovasi produk melalui penciptaan produk-produk pendukung yang baru mampu menaikan kinerja pemasaran. Selanjutnya keunggulan bersaing dengan indicator kondisi keuangan yang baik dan kualitas serta rasa produk yang unggul semakin meningkatkan kinerja pemasaran. Kata Kunci : inovasi produk ;keunggulan bersaing; kinerja pemasaran

Lihat Dokumen