<

Meningkatkan Peran Karang Taruna Sebagai Penggerak Pelatihan UMKM bagi Desa Mekargalih


  • Jurnal PKM Dosen
  • Husni Muharam, Fanny Fauziah Salsabila, Tiara Nur Amelia, Wiwit Laila Syawalita, Cindy Junjung Sari
  • Jurnal Abdi Masyarakat (JAM) Tahun 2020

Abstrak

Setiap desa memiliki potensi masing-masing. Baik itu berupa bidang pertanian, peternakan, dan badan usaha UMKM lainnya. Badan usaha yang dimiliki oleh desa sangat berpegaruh terhadap kesejahteraan setiap warga. Kesejahteraan masyarakat di segala lini adalah salah satu cita-cita nasional Indonesia. Desa, sebagai lingkup masyarakat terkecil dalam masyarakat bernegara, seringkali menjadi bagian yang terlupakan dalam upaya mencapai hal tersebut. Oleh karena itu, dibuatlah perundang-undangan yang mengatur masalah desa dengan harapan kesejahteraan masyarakat desa dapat dicapai. Salah satu hal yang diatur dalam undang-undang tentang desa adalah mengenai Karang Taruna. Selain itu peran masyarakat di wilayah desa seperti pemerintahan, aparat desa, dan karang taruna mempunyai peran yang sangat penting. Karang Taruna sendiri merupakan badan yang berperan penting dalam peningkatan perekonomian desa Mekargalih. Hasil yang didapatkan adalah peran karang taruna terhadap UMKM desa Mekargalih sangat penting dalam ke berlangsungannya. Dalam artikel ini, akan dibahas mengenai peran karang taruna dalam UMKM tersebut sebagai penggerak ekonomi dengan menggunakan studi kasus Desa Mekargalih. Metode penelitian yang digunakan dalam artikel ini adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi lapangan, dan studi literatur melalui buku, jurnal, dan website terkait. Setelah data dikumpulkan, triangulasi data dari ketiga teknik pengumpulan data tersebut dilakukan untuk mendapatkan validitas data yang digunakan dalam tulisan ini. Hasil yang didapatkan adalah karang taruna dapat berperan secara efektif untuk meningkatkan perekonomian di Desa Mekargalih karena dapat mengembangkan UMKM yang terdapat di desa tersebut dengan cara meningkatkan branding dan memperluas jangkauan pemasaran dari produk yang dihasilkan. Kata kunci: Karang Taruna, Desa Mekargalih, UMKM, Wajit, Angleng dan Ali Agrem

Lihat Dokumen