<

Pendampingan Pembelajaran Siswa Melalui Teknologi Informasi Selama Pandemi Covid-19: Studi Kasus KKN Tematik Covid-19


  • Jurnal PKM Dosen
  • Soviyan Munawar, Defri Zed Nurkholish , Bagas Aditya
  • Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, September 2021

Abstrak

Covid-19 telah menyebar ke seluruh dunia dan berdampak pada sektor pendidikan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni dengan salah satunya kegiatan KKN Tematik Covid-19. Program Kerja KKN Tematik Covid- 19 salah satunya di bidang pendidikan yaitu pendampingan pembelajaran melalui teknologi informasi. Kegiatan dilaksanakan pada bulan Agustus s.d September 2021 di Kelurahan Kota Kulon Kabupaten Garut secara luring. Metode pengumpulan data menggunakan teknik random sampling dengan populasi siswa SD/sederajat,. Hasil yang diperolah yakni sebanyak 7 dari 10 siswa menyatakan pembelajaran menggunakan teknologi informasi yang dilaksanakan selama 2-3 jam per harinya di Desa Kota Kulon yakni kurang efektif dibandingkan dengan pembelajaran tatap muka di Desa Sumbersari. Ketujuh siswa tersebut merasa kurang memahami sepenuhnya materi yang disampaikan melalui fasilitas teknologi informasi, sesekali siswa dijelaskan melalui telepon langsung, dan hasilnya tetap kurang memuaskan. Evaluasi metode pembelajaran melalui teknologi informasi perlu dilakukan guna meningkatkan kualitas pendidikan melalui teknologi informasi selama pandemi Covid-19. Kata Kunci : KKN Tematik, Covid-19, Pembelajaran Daring, Teknologi Informasi, Belajar Jarak Jauh

Lihat Dokumen