<

Pengembangan Ekonomi Melalui UMKM Bambu Kreatif


  • Jurnal PKM Dosen
  • Kelvin Nugraha, Tegar Fachryan Syah, Sepia Septaviani, Deani Gumia, Ira fauziah, Della Destia, Lusi Rahmawati, Ensa Agnia Azni, Fajar Surya Firdaus, Asep Saepuloh, Anisa rahmawati, M.Naufal Zain Zidan, Lubiana Salwaa, Lulu Nur Lutfiah, Muhammad Yusril Anw
  • Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Tahun 2022

Abstrak

Penelitian ini berkaitan dengan pengembangan ekonomi melalui UMKM bambu kreatif. Kelemahan yang dihadapi oleh UMKM dalam meningkatkan kemampuan usaha sangat kompleks dan meliputi berbagai indikator yang mana salah satunya yaitu kurangnya pemahaman masyarakat terkait dengan pemasaran produk UMKM. Disamping hal tersebut terdapat juga pesaing yang lebih bisa memasarkan produknya. Kurangnya pemahaman masyarakat terhadap digital marketing, kekawatiran ini dilandasi oleh banyaknya masyarakat lain yang lebih bisa menggunakan teknologi khususnya digital marketing. Namun semua permasalah itu bisa terselesaikan dengan beberapa upaya yang membuka peluang bagi UMKM untuk dapat menjangkau pemasaran dengan mudah. Pelatihan diawali dengan penjelasan atau uraian mengenai penggunaan salah satu jenis marketplace yaitu Shopee dan social media TikTok, kegiatan tersebut bertujuan memberikan pengarahan, cara penggunaan dan manfaat Shopee dan TikTok. Para pelaku UMKM dapat berjualan secara daring dengan membuat toko online di aplikasi Shopee, dengan membuka toko online diharapkan cakupan wilayah pemasarannya bisa lebih luas. Kata Kunci: Ekonomi, Pengembangan, UMKM, E-commerce, Tiktok, Shopee.

Lihat Dokumen