PENGARUH MOTIF TERHADAP KEPUASAN PEMILIH PEMULA DALAM MENONTON TAYANGAN DEBAT CAPRES 2019 DI TELEVISI
- TA Mahasiswa
- Kafi Mauludin
- 24071115083
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya Pemilihan Presiden 2019, yang diselenggarakan pada tanggal 17 April 2019. Dalam upaya memperkenalkan 2 pasangan calon presiden dan wakil presiden, Komisi Pemilihan Umum sebagai penyelenggara Pemilu mengadakan acara Debat Capres 2019 yang ditayangkan langsung di televisi secara nasional. Tayangan ini dapat memeberikan informasi kepada calon pemilih, khususnya pemilih pemula yang baru mendapatkan hak pilihnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan Bagaimana pengaruh motif terhadap kepuasan pemilih pemula siswa-siswi MAN 2 Garut dalam menonton tayangan Debat Capres 2019 di televisi.
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif yaitu untuk menganalisis data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul melalui pengumpulan data berupa kuesioner dan studi kepustakaan. Subjek penelitian ini adalah pemilih pemula kelas XII di MAN 2 Garut angkatan 2019-2020 yang berjumlah 97 orang, dengan teknik pengambilan sampel yaitu sensus. Instrumen pernyataan yang digunakan sebanyak 40 pernyataan dari dua variabel, variabel motif dan variabel kepuasan.
Berdasarkan hasil penelitian didapat tingkat motif (Gratification Sought) pemilih pemula dalam menonton tayangan Debat Capres 2019 adalah tinggi, dan tingkat kepuasan pemilih pemula (Gratification Obtained) dalam menonton tayangan Debat Capres 2019 adalah tinggi. Karena nilai GS > nilai GO dapat diambil kesimpulan bahwa Tayangan debat capres 2019 di televisi tidak memuaskan bagi pemilih pemula Kelas XII di MAN 2 Garut. Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa Terdapat pengaruh motif terhadap kepuasan pemilih pemula di MAN 2 Garut dalam menonton tayangan debat capres 2019 di televisi.
Kata Kunci: Motif, Kepuasan, Pemilih Pemula, Debat Capres.
Lihat Dokumen