STRATEGI KOMUNIKASI BANAROLLA MELALUI MEDIA SOSIAL

  • TA Mahasiswa
  • Aditya Medaliana Sulaeman
  • 24077115087

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh mudahnya berbisnis lewat media sosial dan tidak memerlukan biaya besar di awal maupun saat pengoperasiannya. Pemanfaatan media sosial Facebook dan Instagram digunakan oleh salah satu UKM di Garut yang bernama Cemilankunik dalam memasarkan produknya yaitu Banarolla. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan bagaimana strategi komunikasi Banarolla melalui media sosial ditinjau dari komponen strategi komunikasi yaitu sasaran strategi komunikasi yang terdiri dari faktor kerangka referensi dan faktor situasi dan kondisi, pemilihan media komunikasi, pengkajian tujuan pesan komunikasi dan peranan komunikator dalam komunikasi dengan faktor daya tarik pesan dan faktor kredibilitas sumber. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, menggunakan paradigma konstruktivis dan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu menggunakan wawancara mendalam (indepth interview), observasi dan dokumentasi. Teknik penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan memilih 2 orang informan yang memenuhi kriteria informan yaitu tercatat sebagai karyawan UKM Cemilankunik, terlibat dalam penggunaan akun media sosial Banarolla dan berperan dalam proses manajemen media sosial Banarolla. Hasil dari penelitian ini yaitu Banarolla menetapkan sasaran komunikasinya yaitu Ibu muda dengan faktor kerangka referensi yaitu orang Islam dan faktor situasi dan kondisi mengenai postingan disesuaikan dengan momen yang sedang terjadi. Media komunikasi yang digunakan berupa media sosial Facebook dan Instagram. Tujuan pesan komunikasinya yaitu untuk berbagi informasi yang bermanfaat bagi para followersnya dengan menggunakan pendekatan religi. Sedangkan tujuan mengadakan giveaway dan kuis itu untuk meningkatkan engagement antara Banarolla dengan followersnya. Admin media sosial Banarolla berperan dalam membuat Copywriting, memposting foto/video, meningkatkan followers, like, komen, dan membalas Direct Message (DM) di media sosial, faktor daya tarik sumber dilihat dari kesamaan dalam berpakaian dan pola pikir yaitu ingin hidup sesuai dengan ajaran Islam dan faktor Kredibilitas sumber disini dilihat dari keahlian dalam bisnis dan kepercayaan dari sifat yang baik, jujur dan tulus untuk membantu. Kata Kunci: Strategi Komunikasi, UKM, Banarolla, Media Sosial, Facebook, Instagram.

Lihat Dokumen