KOMUNIKASI RETORIK DALAM STAND UP COMEDY

  • TA Mahasiswa
  • Andi Sulaeman
  • 24071115012

Abstrak

Penelitian ini dilakukan selama 10 bulan September 2019 sampai dengan agustus 2020 dilaksanakan di tempat berkumpul komunitas Stand Up Indo Garut. Tayangan Stand Up Comedy sangat banyak diperbincangkan oleh para penikmat humor dan program komedi di Indonesia. Data primer diperoleh dari wawancara dari narasumber dan informan. Data sekunder berupa referensi dari buku, tv, dan lain-lain yang berkaitan dengan penelitian. Data yang berhasil dikumpulkan selanjutnya dianalisis secara kualitatif dengan mendeskripsikan data dengan terori retorika. Metode yang digunakan adalah penelitian yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dari berbagai persepsi narasumber dan informan menunjukkan bahwa Retorika adalah suatu cara atau suatu metode atau suatu taktik bagaimana seseorang bisa menyampaikan suatu materi dan bagaimana materi tersebut sampai dan ada visi serta misi dari materi itu sendiri. Jadi dalam retorika sangat dibutuhkan untuk penambah daya tarik, dalam retorika pemilihan kata-kata merupakan suatu hal penting yang harus dilakukan oleh seorang comica untuk menunjukkan keberhasilan Ketika tampil di atas panggung dan pemnyampaian misi materi itu tercapai. Penerapan retorika Aris Karisma adalah monologika, bertujuan untuk menghibur dan memiliki penonton yang banyak. Kata kunci: Komunikasi, Retorika, Stand Up Comedy, Comica, Monologika

Lihat Dokumen