Pengaruh Promosi “Voucher Gratis Ongkir Marketplace” Terhadap Perilaku Konsumtif (Studi Deskriptif Kuantitatif Terhadap Perilaku Konsumtif dalam Belanja Online pada Kalangan Mahasiswa di Kabupaten Garut)

  • TA Mahasiswa
  • Sally Dwi Agustina
  • 24071116122

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ramainya promosi “Voucher Gratis Ongkir” di berbagai marketplace yang mampu mengundang konsumen di kalangan mahasiswa yang berbondong-bondong untuk berbelanja online karena dengan adanya promosi “Voucher Gratis Ongkir” di berbagai marketplace tersebut, konsumen bisa menghemat untuk biaya gratis ongkir dan dengan adanya promosi “Voucher Gratis Ongkir” bisa menyebabkan perubahan perilaku. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur seberapa besar pengaruh promosi “Voucher Gratis Ongkir Marketplace” terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa di Kabupaten Garut . Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif, yang bertujuan untuk menggambarkan suatu hasil penelitian. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu kuesioner dan studi kepustakaan. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa di Kabupaten Garut yang sebanyak 387 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling dengan jenis simple random sampling. Teori AIDA yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori AIDA yang menjelaskan suatu tahap merespon pesan yang harus dimulai dengan mendapatkan perhatian, menjadi ketertarikan, menjadi minat, dan terakhir mengambil tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh promosi “Voucher Gratis Ongkir Marketplace” terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa di Kabupaten Garut memiliki pengaruh yang positif dan signifikan dengan nilai uji koefisien determinasi (r 2 ) sebesar 23,8% dan nilai uji koefisien korelasi sebesar 48,8%. Kata Kunci: Promosi “Voucher Gratis Ongkir Marketplace”, Perilaku Konsumtif, Teori AIDA

Lihat Dokumen