Pengaruh Promosi “Voucher Gratis Ongkir Marketplace†Terhadap Perilaku Konsumtif (Studi Deskriptif Kuantitatif Terhadap Perilaku Konsumtif dalam Belanja Online pada Kalangan Mahasiswa di Kabupaten Garut)
- TA Mahasiswa
- Sally Dwi Agustina
- 24071116122
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ramainya promosi “Voucher Gratis Ongkir†di berbagai
marketplace yang mampu mengundang konsumen di kalangan mahasiswa yang berbondong-bondong untuk
berbelanja online karena dengan adanya promosi “Voucher Gratis Ongkir†di berbagai marketplace tersebut,
konsumen bisa menghemat untuk biaya gratis ongkir dan dengan adanya promosi “Voucher Gratis Ongkirâ€
bisa menyebabkan perubahan perilaku. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur seberapa besar
pengaruh promosi “Voucher Gratis Ongkir Marketplace†terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa di
Kabupaten Garut .
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif, yang bertujuan untuk menggambarkan
suatu hasil penelitian. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan
teknik pengumpulan data yaitu kuesioner dan studi kepustakaan. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa di
Kabupaten Garut yang sebanyak 387 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling
dengan jenis simple random sampling.
Teori AIDA yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori AIDA yang menjelaskan suatu tahap
merespon pesan yang harus dimulai dengan mendapatkan perhatian, menjadi ketertarikan, menjadi minat, dan
terakhir mengambil tindakan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh promosi “Voucher Gratis Ongkir Marketplaceâ€
terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa di Kabupaten Garut memiliki pengaruh yang positif dan
signifikan dengan nilai uji koefisien determinasi (r
2
) sebesar 23,8% dan nilai uji koefisien korelasi sebesar
48,8%.
Kata Kunci: Promosi “Voucher Gratis Ongkir Marketplaceâ€, Perilaku Konsumtif, Teori AIDA
Lihat Dokumen