STRATEGI BRAND COMMUNICATION PT. SHOWA AUTOPARTS INDONESIA DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS
- TA Mahasiswa
- Inasa Nurul Rachmadina
- 24071116033
Abstrak
PT. Showa Autoparts Indonesia (suatu perusahaan komponen otomotif di Indonesia) dalam membangun brand
awareness. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan adalah
brand communication theory. Sumber data pada penelitian ini dibagi menjadi dua, yaitu data primer dan data
sekunder dimana data primer diperoleh dari wawancara terhadap informan dan data sekunder diperoleh dari
dokumentasi perusahaan. Jumlah informan sebanyak 2 orang, diambil dengan teknik purposive sampling. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa strategi internal brand communication PT. Showa Autoparts Indonesia
diaplikasikan melalui kegiatan yang dapat membangun hubungan emosional antara karyawan dengan brand
seperti internal training, town hall meeting, QCC competition event, employee gathering dan bike to work
campaign. Sedangkan strategi external brand communication diaplikasikan ke dalam bentuk event, video
marketing dan website untuk memperkenalkan perusahaan dan memperluas jaringan bisnus. Adapun evaluasi
yang dilakukan oleh SAI sebagai tolak ukur apakah program brand communication yang telah dilaksanakan
sukses dan mendapat feedback dari publik atau tidak, sehingga nantinya perbaikan akan terus dilakukan demi
membangun brand awareness.
Kata Kunci: Strategi, Model Bisnis, Brand Communication, Brand Awareness
Lihat Dokumen