Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Dodol Picnic dalam Mempertahankan Citra Merek

  • TA Mahasiswa
  • Yusi Fauziah
  • 24071116132

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya persaingan yang cukup ketat didunia perdagangan sehingga perusahaan membutuhkan konten yang menarik untuk melakukan pemasaran. Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan Strategi Komunikasi Pemasaran Dodol Picnic ditinjau sari aspek Analisis Situasi ditengah wabah Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Deskriptif Kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan Wawancara dan Observasi dengan 5 orang Informan dan 1 orang Narasumber. Subjek pada penelitian ini adalah Dodol Picnic. Adapun informan dalam penelitian ini ada 5, yaitu karyawan PT. Herlinah Cipta Pratama yang mengetahui mengenai informasi dan konsep Strategi Komunikasi Pemasaran Dodol Picnic dengan melakukan waancara langsung di lapangan, diantaranya adalah Marketing, digital marketing, sales counter, sales account event, manager online dan divisi produksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi Komunikasi Pemasaran Dodol Picnic diantaranya 1) Strategi Komunikasi Pemasaran Dodol Picnic dilakukan secara online melalui media sosial, e-commerce dan openbooth di tempat Wisata 2) Citra dari Dodol Picnic didasari dengan adanya CSR dan awareness Dodol Picnic terhadap kebudayaan daerah. 3) Strategi dodol picnic dalam menarik minat beli adalah dengan menetapkan slogan “Ingat Garut Ingat Dodol, Ingat Dodol Ingat Picnic”. Kata Kunci : Citra; Dodol; Komunikasi; Online; Pemasaran; Strategi

Lihat Dokumen