STRATEGI PENGEMBANGAN WISATA RELIGI GUNUNG HARUMAN GARUT

  • TA Mahasiswa
  • Selvi Silfiani Rahayu
  • 24023115450

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi formulasi dalam pengembangan wisata religi di Gunung Haruman dengan analisis SWOT, kemudian digunakan Quantitative Strategic Planning Matrix untuk menentukan prioritas strategi yang paling direkomendasikan untuk diimplementasikan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian campuran kualitatif dan kuantitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan studi literatur, observasi, wawancara mendalam dan menyebarkan kuesioner kepada beberapa informan kunci di Gunung Haruman. Analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan empat alat berbentuk matriks sebagai model analisisnya, diantaranya yaitu Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks TOWS/SWOT, dan QSPM. Berdasarkan hasil analisis Matriks TOWS/SWOT diperoleh beberapa alternatif strategi, antara lain mengembangkan potensi yang dimiliki, mengadakan event khusus, menyediakan navigasi, meningkatkan promosi, menyediakan dan mengembangkan berbagai amenitas, meningkatkan kualitas sumber daya manusia, meningkatkan pelaksanaan kerja sama, meningkatkan rasa memiliki masyarakat, melakukan perencanaan dan pengembangan pariwisata, melakukan perawatan dan perbaikan infrastruktur, dan meningkatkan kesadaran pengunjung. Hasil dari penilaian pada seluruh alternatif strategi melalui QSPM, strategi yang sebaiknya diimplementasikan sebagai prioritas utama adalah meningkatkan promosi, dilakukan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi yang saat ini sedang berkembang.

Lihat Dokumen