PENGARUH COUNTRY IMAGE TERHADAP MINAT BERKUNJUNG KE KOREA SELATAN

  • TA Mahasiswa
  • Yulia Yulistina
  • 24071116070

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh country image yang ditinjau dari cognitive country image dan affective country image terhadap minat berkunjung ke Korea Selatan. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan pengujian hipotesis menggunakan teknik path analysis. Subjek dalam penelitian adalah anggota Korean Jjang Community Garut dengan pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling sebanyak 77 orang sehingga penelitian ini adalah penelitian populasi. Adapun pengumpulan data menggunakan kuesioner online dengan bantuan media Google Form dan analisis data menggunakan bantuan software IBM SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa country image yang terdiri dari cognitive country image dan affective country image berpengaruh terhadap minat berkunjung ke Korea Selatan pada Korean Jjang Community Garut. Jika ditinjau lebih lanjut, cognitive country image berpengaruh terhadap pembentukan affective country image Korea Selatan pada Korean Jjang Community Garut, cognitive country image dan affective country image masing – masing memberikan pengaruh terhadap minat berkunjung ke Korea Selatan sedangkan cognitive country image juga memberikan pengaruh melalui affective country image terhadap minat berkunjung ke Korea Selatan pada Korean Jjang Community Garut. Hasil penelitian membuktikan bahwa country image yang terdiri dari cognitive country image yang digambarkan sebagai persepsi dan keyakinan mengenai Korea Selatan serta affective country image yang digambarkan sebagai perasaan umum dan ketertarikan pada Korea Selatan dapat memberikan kontribusi pengaruh terhadap minat berkunjung ke Korea Selatan pada Korean Jjang Community Garut. Kata Kunci : Affective Country Image, Cognitive Country Image, Country Image, Korea Selatan, Minat Berkunjung

Lihat Dokumen