PENGARUH COUNTRY IMAGE TERHADAP MINAT BERKUNJUNG KE KOREA SELATAN
- TA Mahasiswa
- Yulia Yulistina
- 24071116070
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh country image yang ditinjau
dari cognitive country image dan affective country image terhadap minat berkunjung ke
Korea Selatan. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan pengujian hipotesis
menggunakan teknik path analysis. Subjek dalam penelitian adalah anggota Korean
Jjang Community Garut dengan pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling
sebanyak 77 orang sehingga penelitian ini adalah penelitian populasi. Adapun
pengumpulan data menggunakan kuesioner online dengan bantuan media Google Form
dan analisis data menggunakan bantuan software IBM SPSS versi 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa country image yang terdiri dari cognitive
country image dan affective country image berpengaruh terhadap minat berkunjung ke
Korea Selatan pada Korean Jjang Community Garut. Jika ditinjau lebih lanjut, cognitive
country image berpengaruh terhadap pembentukan affective country image Korea Selatan
pada Korean Jjang Community Garut, cognitive country image dan affective country
image masing – masing memberikan pengaruh terhadap minat berkunjung ke Korea
Selatan sedangkan cognitive country image juga memberikan pengaruh melalui affective
country image terhadap minat berkunjung ke Korea Selatan pada Korean Jjang
Community Garut. Hasil penelitian membuktikan bahwa country image yang terdiri dari
cognitive country image yang digambarkan sebagai persepsi dan keyakinan mengenai
Korea Selatan serta affective country image yang digambarkan sebagai perasaan umum
dan ketertarikan pada Korea Selatan dapat memberikan kontribusi pengaruh terhadap
minat berkunjung ke Korea Selatan pada Korean Jjang Community Garut.
Kata Kunci : Affective Country Image, Cognitive Country Image, Country Image,
Korea Selatan, Minat Berkunjung
Lihat Dokumen