PENGARUH TERPAAN IKLAN SHOPEE X DIDI KEMPOT DI TELEVISI TERHADAP MINAT BELI DENGAN SIKAP SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

  • TA Mahasiswa
  • Yoland Pebri Nurdina
  • 24071116118

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persaingan marketplace yang semakin ketat. Hal ini membuat Shopee memperluas pangsa pasarnya dengan cara merekrut Didi Kempot sebagai brand ambassador. Dukungan selebriti dalam periklanan dibutuhkan sebagai kelengkapan dalam sebuah iklan, iklan akan menciptakan perasaan, sikap tertentu kemudian merangsang minat beli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terpaan iklan Shopee X Didi Kempot di televisi terhadap minat beli terhadap sikap sebagai variable mediasi. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kuantitatif dengan regresi mediasi sebagai alat statistika. Dengan proportionate random sampling didapatkan 102 orang mahasiswa di Kabupaten Garut yang pernah di terpa iklan Shopee X Didi Kempot. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terpaan iklan secara langsung berpengaruh terhadap minat beli, berdasarkan hasil pengolahan data sikap dapat memediasi secara sempurna, artinya sikap yang mengarahkan seseorang terhadap minat beli. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa jika terpaan iklan di televisi dilakukan secara efektif maka dapat mempengaruhi sikap pemirsa dan dapat meningkatkan minat beli berbelanja di Shopee. Kata Kunci : Terpaan iklan, Sikap, Minat beli, Regresi Mediasi, Brand Ambassador Shopee.

Lihat Dokumen