ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MENDORONG KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK

  • TA Mahasiswa
  • Nadia Nurul Huda
  • 2402314271

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang mendorong keputusan pembelian pada produk kosmetik secara online. Responden dalam penelitian ini adalah 96 responden yang merupakan mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Garut, dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis. Skala pengukuran data yang digunakan adalah skala interval. Data yang diperoleh dari hasil kuesioner kemudian diolah menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, dan analisis faktor. Hasil penelitian menyatakan bahwa faktor-faktor yang mendorong keputusan pembelian pada produk kosmetik secara online didapat 4 faktor baru yaitu (1) faktor variasi produk terdiri dari jenis kosmetik yang lebih bervariasi, dan merek kosmetik yang lebih bervariasi, (2) faktor kemudahan, terdiri dari pembelian bisa dilakukan dimana saja tanpa harus pergi ke toko dan kemudahan interaksi dengan penjual, (3) faktor penyesuaian, terdiri dari dorongan budaya yang semakin modern, kesesuaian harga dengan manfaat produk, dan pencarian produk bisa dilakukan kapan saja selama 24 jam, (4) faktor bauran pemasaran, terdiri dari ketersediaan produk kosmetik yang diinginkan, harga yang murah, dan kemudahan pencarian situs online shop. Kata Kunci: analisis faktor, keputusan pembelian, belanja online.

Lihat Dokumen