LITERASI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM BAGI PENGGUNA

  • TA Mahasiswa
  • Lukman Nurhakim
  • 24071116041

Abstrak

Aktivitas kehidupan pada saat ini tidak lepas dari kehadiran media sosial. Para pengguna dapat berkomunikasi dengan siapa saja, dimana saja dan kapan saja. Namun tanpa disadari kehadiran media sosial ini membawa dampak yang positif maupun negatif terhadap semua pengguna media sosial, salah satunya yaitu anak usia remaja 13-17 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi media dalam konsep produksi, konsep bahasa, konsep penyajian, dan konsep audience penggunaan media sosial Instagram. Teori yang digunakan ialah teori literasi media. Metode penelitian ini menggunakan studi deskriptif kualitatif. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma alamiah/fenomenologi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Jumlah informan sebanyak 10 orang siswa dari Yayasan An-najaat dengan tringulasi sumber data sebanyak 2 orang dari pihak MAFINDO. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa konsep produksi literasi media sosial Instagram Yayasan An-najaat mencari informasi, untuk pembelajaran nadhom dan ilmu agama, untuk mengisi waktu luang dan hiburan, konsep bahasa yaitu bahasa Sunda dan bahasa Indonesia untuk mempermudah komunikasi dengan pengguna media sosial Instagram lainnya, membuat konten video untuk mengkomunikasikan ide dan gagasan, membuat caption dan emoticon untuk memberi arti dari mengekspresikan diri, konsep penyajian yaitu menyajikan foto pribadi dan kegiatan pribadi, menyajikan tugas sekolah dari guru, dan menyajikan nadhom islami, dan konsep audience yaitu saling suka menyukai postingan, saling berkomentar, sharing informasi dan pembelajaran dengan teman. Kata kunci : Instagram; Konsep literasi media; Literasi media; Media sosial; Remaja usia 13-17 tahun

Lihat Dokumen