LITERASI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM BAGI PENGGUNA
- TA Mahasiswa
- Lukman Nurhakim
- 24071116041
Abstrak
Aktivitas kehidupan pada saat ini tidak lepas dari kehadiran media sosial. Para
pengguna dapat berkomunikasi dengan siapa saja, dimana saja dan kapan saja. Namun
tanpa disadari kehadiran media sosial ini membawa dampak yang positif maupun
negatif terhadap semua pengguna media sosial, salah satunya yaitu anak usia remaja
13-17 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi media
dalam konsep produksi, konsep bahasa, konsep penyajian, dan konsep audience
penggunaan media sosial Instagram. Teori yang digunakan ialah teori literasi media.
Metode penelitian ini menggunakan studi deskriptif kualitatif. Pendekatan penelitian
ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma alamiah/fenomenologi.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara
mendalam, dan dokumentasi. Jumlah informan sebanyak 10 orang siswa dari Yayasan
An-najaat dengan tringulasi sumber data sebanyak 2 orang dari pihak MAFINDO.
Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa konsep produksi literasi media sosial
Instagram Yayasan An-najaat mencari informasi, untuk pembelajaran nadhom dan
ilmu agama, untuk mengisi waktu luang dan hiburan, konsep bahasa yaitu bahasa
Sunda dan bahasa Indonesia untuk mempermudah komunikasi dengan pengguna
media sosial Instagram lainnya, membuat konten video untuk mengkomunikasikan
ide dan gagasan, membuat caption dan emoticon untuk memberi arti dari
mengekspresikan diri, konsep penyajian yaitu menyajikan foto pribadi dan kegiatan
pribadi, menyajikan tugas sekolah dari guru, dan menyajikan nadhom islami, dan
konsep audience yaitu saling suka menyukai postingan, saling berkomentar, sharing
informasi dan pembelajaran dengan teman.
Kata kunci : Instagram; Konsep literasi media; Literasi media; Media sosial; Remaja
usia 13-17 tahun
Lihat Dokumen