STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS DALAM MENINGKATKAN CITRA PERUSAHAAN PADA PT. POS INDONESIA
- TA Mahasiswa
- Sayida Meisani
- 24071116063
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan bagaimana
Strategi Komunikasi Humas Dalam Meningkatkan Citra Perusahaan Pada PT. Pos
Indonesia Di Kabupaten Garut. Informan utama dalam penelitian ini merupakan
internal dari perusahaan Pada PT. Pos Indonesia Di Kabupaten Garut, dengan
menggunakan teknik purposive sampling.
Peneliti ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriftif. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasu penelitian, peneliti melakukan
eksplorasi secara mendalam peneliti menggunakan teknik pengumpulan data
observasi, wawancara dan dokumentasi kepada informan dan narasumber.
Peneliti ini menggunakan model empat langkah strategi Humas Cutlip.
Center dan Broom. Secara garis besar, terdapat 4 (empat) fase dalam proses
strategi komunikasi yaitu analisa situasi, strategi perencanaan dan program,
bertindak dan komunikasi, dan evaluasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan strategi komunikasi
Humas dalam meningkatkan citra perusahaan pada PT. Pos Indonesia di
Kabupaten Garut adalah dengan melaksanakan dua komunikasi ialah komunikasi
internal dan eksternal. Peran Humas PT. Pos Indonesia di Kabupaten Garut
community center, perpanjangan tangan pemerintah dalam melayani masyarakat.
Perantara komunikasi antar masyarakat, instansi, hingga Negara. dan menjadi
salah satu infrastruktur negara, khususnya di bidang komunikasi dan logistik.
Untuk mencapai tujuan Humas PT. Pos Indonesia di Kabupaten Garut dalam
membentuk citra pemerintahan maka diperlukan kerja keras, disiplin yang tinggi,
kemampuan dan keahlian yang profesional dalam bidang Humas.
Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Humas, dan Citra.
Lihat Dokumen