Strategi Komunikasi Istri Politisi dalam pemasaran Politik dalam Upaya membantu Karir Politik Suami di Kabupaten Garut

  • TA Mahasiswa
  • Linda Rahmawati Muttaqin
  • 24071116037

Abstrak

Strategi Politik dari seorang istri politisi dewasa ini mulai diakui keberadaannya, karena perannya tersebut para istri politisi dapat mendatangkan keuntungan tersendiri khususnya bagi pencalonan politik suaminya. Tujuan Penelitian ini adalah menjelaskan Strategi Komunikasi Istri Politisi ditinjau dari Segi Taktik Pull, push, pass. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode Deskriptif untuk pengumpulan data agar mendapatkan data yang objektif. Adapun Informan dalam Penelitian ini adalah 5 orang istri Politisi yang memiliki Kriteria yaitu: Pernah Berstrategi dalam upaya membantu suami, serta aktif dan menjalin hubungan baik bersama Masyarakat dengan teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui wawancara langsung dan Melalui Media Sosial. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa Strategi Komunikasi Istri Politisi dari segi Taktik pull menggunakan media sosial sebagai media utama dalam pelaksanaan strategi yang memuat aktivitas sosial para kandidat untuk membanguncitra baik dan penyampaian politik, sementara untuk Taktik Push yaitu dengan melakukan kedekatan terhadap masyarakat yang di iring dengan kegiatan-kegiatan tatap muka langsung. Dan tatik pass yaitu adanya dukungan dari pihak yang dikenal luas dan mempunyai pengaruh tinggi dimasyarakat.

Lihat Dokumen