Strategi Komunikasi Istri Politisi dalam pemasaran Politik dalam Upaya membantu Karir Politik Suami di Kabupaten Garut
- TA Mahasiswa
- Linda Rahmawati Muttaqin
- 24071116037
Abstrak
Strategi Politik dari seorang istri politisi dewasa ini mulai diakui keberadaannya, karena
perannya tersebut para istri politisi dapat mendatangkan keuntungan tersendiri khususnya
bagi pencalonan politik suaminya. Tujuan Penelitian ini adalah menjelaskan Strategi
Komunikasi Istri Politisi ditinjau dari Segi Taktik Pull, push, pass. Pendekatan yang
digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode Deskriptif untuk pengumpulan
data agar mendapatkan data yang objektif. Adapun Informan dalam Penelitian ini adalah
5 orang istri Politisi yang memiliki Kriteria yaitu: Pernah Berstrategi dalam upaya
membantu suami, serta aktif dan menjalin hubungan baik bersama Masyarakat dengan
teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui wawancara langsung dan Melalui
Media Sosial. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa Strategi Komunikasi Istri Politisi
dari segi Taktik pull menggunakan media sosial sebagai media utama dalam pelaksanaan
strategi yang memuat aktivitas sosial para kandidat untuk membanguncitra baik dan
penyampaian politik, sementara untuk Taktik Push yaitu dengan melakukan kedekatan
terhadap masyarakat yang di iring dengan kegiatan-kegiatan tatap muka langsung. Dan
tatik pass yaitu adanya dukungan dari pihak yang dikenal luas dan mempunyai pengaruh
tinggi dimasyarakat.
Lihat Dokumen