STRATEGI MANAJEMEN KOMUNIKASI J&T EXPRESS DI GARUT

  • TA Mahasiswa
  • Indriana Sri Mulyani
  • 24077115120

Abstrak

andalkan internet, salah satunya adalah belanja online melalui marketplace yang banyak ragam pilihannya, marketplace ini pun sangat mudah diakses dan memudahkan masyarakat untuk membeli sesuatu yang di inginkan oleh masyarakat tersebut, kehadiran jasa ekspedisi salah satunya J&T Expres, merupakan perusahaan jasa pengiriman. Dari latar belakang tersebut maka timbur sebuah rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu bagaimana strategi komunikasi yang dilakukan oleh J&T Express dalam mempertahankan loyalitas pelanggan. Dari sini peneliti ingin menggali berbagai upaya strategi komunikasi yang dilakukan J&T Express. Teori yang digunakan David dalam penulisan ini adalah manajemen komunikasi strategi yaitu mengenai tahapan dalam strategi yaitu perumusan strategi, implementasi strategi, dan evaluasi strategi. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan Teknik analisis deskriptif. Kemudian sumber data diperoleh melalui observasi lapangan, melalui wawancara dengan informan berkaitan dengan bahasan penelitian,data yang berkaitan dengan objek penelitian. J&T Express terlihat melakukan Strategi-strategi khusus dalam mempertahankan sehingga terlihat beberapa pelanggan setia dalam waktu yang lama. Ada sesuatu yang kerap diberikan sehingga mereka terus-menerus menggunakan jasa pengiriman ini diluar pesaing yang semakin banyak. Berdasarkan pengamatan peneliti, J&T Express menjalankan beberapa tahapan strategi, yaitu perumusan strategi, implementasi strategi, kemudian evaluasi strategi. Jadi strategi komunikasi J&T Express telah diaplikasikan dengan baik sehingga menjadi pelanggan yang loyal. Analisis situasi yang dilakukan J&T Garut dalam perencanaan strategi sudah cukup baik, karena J&T Express membuat strategi yang dapat memikat pelanggan untuk kembali datang agar menggunakan jasa ekspedisi atau pengiriman paket. Analisis strategi ini sangat dibutuhkan oleh perusahaan agar perusahaan tersebut dapat mencapai tujuannya, hal ini telah di lakukan oelh J&T Express, terbukti dengan banyaknya pelanggan yang kembali datang dan merasa senang menggunakan jasa ekspedisi ini. Impelementasi strategi manajemen komunikasi J&T Express Garut terdapat implementasi strategi internal dan juga strategi eksternal, strategi komunikasi internal mencakup push strategy yang dimana dalam startegi ini pihak internal perusahan menggunakan analisis SWOT untuk mengetahui posisi perusahaan dengan posisi perusahaan pesaing. Selain itu, strategi eksternal mencakup pull strategy yang dimana pihak J&T menggunakan jasa fitur COD yang dapat menarik konsumen untuk meminimalisir penipuan oleh online shop. Didalam profile strategy pihak J&T sangat meminimalisirkan terjadinya complain yang datang dari konsumen. Evaluasi strategi komunikasi manajemen J&T Express Garut yaitu pihak manajemen J&T Express Garut meninjau kondisi Internal dan eksternal perusahaan dengan rutin, agar tidak banyak terjadi hal-hal yang merugikan perusahaan Key words: strategi komunikasi, J&T Express, pelanggan loyal.

Lihat Dokumen