STRATEGI MANAJEMEN KOMUNIKASI J&T EXPRESS DI GARUT
- TA Mahasiswa
- Indriana Sri Mulyani
- 24077115120
Abstrak
andalkan internet, salah satunya adalah belanja online melalui marketplace yang banyak
ragam pilihannya, marketplace ini pun sangat mudah diakses dan memudahkan masyarakat untuk
membeli sesuatu yang di inginkan oleh masyarakat tersebut, kehadiran jasa ekspedisi salah satunya
J&T Expres, merupakan perusahaan jasa pengiriman.
Dari latar belakang tersebut maka timbur sebuah rumusan masalah dalam penelitian ini,
yaitu bagaimana strategi komunikasi yang dilakukan oleh J&T Express dalam mempertahankan
loyalitas pelanggan. Dari sini peneliti ingin menggali berbagai upaya strategi komunikasi yang
dilakukan J&T Express.
Teori yang digunakan David dalam penulisan ini adalah manajemen komunikasi strategi
yaitu mengenai tahapan dalam strategi yaitu perumusan strategi, implementasi strategi, dan
evaluasi strategi.
Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan Teknik
analisis deskriptif. Kemudian sumber data diperoleh melalui observasi lapangan, melalui
wawancara dengan informan berkaitan dengan bahasan penelitian,data yang berkaitan dengan
objek penelitian.
J&T Express terlihat melakukan Strategi-strategi khusus dalam mempertahankan sehingga
terlihat beberapa pelanggan setia dalam waktu yang lama. Ada sesuatu yang kerap diberikan
sehingga mereka terus-menerus menggunakan jasa pengiriman ini diluar pesaing yang semakin
banyak.
Berdasarkan pengamatan peneliti, J&T Express menjalankan beberapa tahapan strategi,
yaitu perumusan strategi, implementasi strategi, kemudian evaluasi strategi. Jadi strategi
komunikasi J&T Express telah diaplikasikan dengan baik sehingga menjadi pelanggan yang loyal.
Analisis situasi yang dilakukan J&T Garut dalam perencanaan strategi sudah cukup baik,
karena J&T Express membuat strategi yang dapat memikat pelanggan untuk kembali datang agar
menggunakan jasa ekspedisi atau pengiriman paket. Analisis strategi ini sangat dibutuhkan oleh
perusahaan agar perusahaan tersebut dapat mencapai tujuannya, hal ini telah di lakukan oelh J&T
Express, terbukti dengan banyaknya pelanggan yang kembali datang dan merasa senang
menggunakan jasa ekspedisi ini.
Impelementasi strategi manajemen komunikasi J&T Express Garut terdapat implementasi
strategi internal dan juga strategi eksternal, strategi komunikasi internal mencakup push strategy
yang dimana dalam startegi ini pihak internal perusahan menggunakan analisis SWOT untuk
mengetahui posisi perusahaan dengan posisi perusahaan pesaing. Selain itu, strategi eksternal
mencakup pull strategy yang dimana pihak J&T menggunakan jasa fitur COD yang dapat menarik
konsumen untuk meminimalisir penipuan oleh online shop. Didalam profile strategy pihak J&T
sangat meminimalisirkan terjadinya complain yang datang dari konsumen.
Evaluasi strategi komunikasi manajemen J&T Express Garut yaitu pihak manajemen J&T
Express Garut meninjau kondisi Internal dan eksternal perusahaan dengan rutin, agar tidak banyak
terjadi hal-hal yang merugikan perusahaan
Key words: strategi komunikasi, J&T Express, pelanggan loyal.
Lihat Dokumen