ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN “HASHTAG MENJEMPUT REJEKIâ€
- TA Mahasiswa
- Zsa Zsa Anggraeni Hanum
- 24077115080
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya hashtag yang menjadi trending topic di media
sosial twitter, peneliti ingin mengetahui lebih isu yang terkandung dalam permasalahan tersebut
dengan media online Tribun karena peneliti tertarik dengan karakteristik berita – berita yang
dimuat. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menemukan dan menjelaskan seleksi isu
(Mendefinisikan masalah, memperkirakan masalah atau sumber masalah, membuat keputusan
moral, menekankan penyelesaian dalam suatu berita) dan penonjolan aspek dalam Tribun
melalui berita yang dimuat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Framing Robert N.
Entman karena teori tersebut cocok dengan apa yang ingin diteliti, yaitu pembingkaian sebuah
berita – berita guna mendapatkan image yang diinginkan oleh perusahaan. Metode penelitian ini
adalah metode deskriptif kualitatif, dan paradigma konstruktivis guna mengetahui makna yang
ditafsirkan berdasarkan pengalaman terhadap objek di sekitarnya. Teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini menggunakan wawancara mendalam, observasi dan studi dokumentasi.
Narasumber dalam penelitian ini berjumlah 4, 1 orang narasumber triangulasi, 1 orang
narasumber utama dan 2 orang narasumber pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
karakteristik, gaya penulisan berbeda ditiap media online lainnya, tergantung visi dan misi
perusahaan karena berita yang dimuat mencerminkan eksistansi suatu media. Di jaman modern
ini, banyak media yang menggunakan judul sensational yang menjadi strategi media guna
menarik pembaca.
Kata Kunci: Framing, Hashtag, Robert N. Entman, Tribun, Berita.
Lihat Dokumen