ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN “HASHTAG MENJEMPUT REJEKI”

  • TA Mahasiswa
  • Zsa Zsa Anggraeni Hanum
  • 24077115080

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya hashtag yang menjadi trending topic di media sosial twitter, peneliti ingin mengetahui lebih isu yang terkandung dalam permasalahan tersebut dengan media online Tribun karena peneliti tertarik dengan karakteristik berita – berita yang dimuat. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menemukan dan menjelaskan seleksi isu (Mendefinisikan masalah, memperkirakan masalah atau sumber masalah, membuat keputusan moral, menekankan penyelesaian dalam suatu berita) dan penonjolan aspek dalam Tribun melalui berita yang dimuat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Framing Robert N. Entman karena teori tersebut cocok dengan apa yang ingin diteliti, yaitu pembingkaian sebuah berita – berita guna mendapatkan image yang diinginkan oleh perusahaan. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dan paradigma konstruktivis guna mengetahui makna yang ditafsirkan berdasarkan pengalaman terhadap objek di sekitarnya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara mendalam, observasi dan studi dokumentasi. Narasumber dalam penelitian ini berjumlah 4, 1 orang narasumber triangulasi, 1 orang narasumber utama dan 2 orang narasumber pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik, gaya penulisan berbeda ditiap media online lainnya, tergantung visi dan misi perusahaan karena berita yang dimuat mencerminkan eksistansi suatu media. Di jaman modern ini, banyak media yang menggunakan judul sensational yang menjadi strategi media guna menarik pembaca. Kata Kunci: Framing, Hashtag, Robert N. Entman, Tribun, Berita.

Lihat Dokumen