ANALISIS RUBRIK MAJALAH POPULAR
- TA Mahasiswa
- Widya Fransiska Sri P
- 2402714061
Abstrak
Pada era sekarang ini dilihat dari kehidupan sehari-hari, majalah merupakan salah satu media cetak
yang digemari oleh masyarakat dimulai dari kalangan remaja sampai dewasa. Majalah terdiri dari beberapa
jenis, seperti majalah perusahaan, majalah wanita, majalah mode, majalah remaja, majalah anak dan lain
sebagainya. Objek yang peneliti analisis ada empat foto dan diambil di dalam rubrik eyecandy di majalah
Popular edisi septermber 2018. Peneliti mengunakan kerangka analisis semiotika Roland Barthes. Tujuan
peneliti untuk mengetahui bagaimana peng gambaran lima kode pokok dan analisis leksia pada foto-foto
rubrik eyecandy majalah popular edisi September 2018.
Metode yang digunakan peneliti adalah metode analisis semiotika Roland Barthes yakni studi yang
mengkaji tentang tanda dalam foto. Pendekatan yang digunakan peneliti adalah pendekatan kualitatif.
Sedangkan teknik pengumpulan data dengan wawancara narasumber agar menguat persepsi peneliti dan
studi dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukan foto Perempuan dalam rubrik Eyecandy ini juga mencoba untuk
memenuhi dua standar ideal seorang perempuan menurut kontruksi laki-laki. Pertama keindahan fisik
seorang perempuan yaitu dengan tubuh langsing, rambut indah dan kulit mulus. Kedua ideal seorang
perempuan yang rajin dan piawai merawat diri dan bersosial dengan baik, bukan hanya itu saja dengan
mengurus rumah tangga termasuk perempuan yang ideal.Hal ini dilihat dari bagaimana cara mengukur nilai
keindahan sebuah foto berdasarkan estetika fotografi itu sendiri, dan juga dilihat dari unsur pemaknaan
sebuah foto yang dianalisis berdasarkan teori semiotika Roland Barthes dari aspek denotasi, konotasi dan
mitos yang berfokus kepada lima kode pokok dan analisis leksia.
Kata kunci : analisis, semiotika, lima kode, rubrik, majalah.
Lihat Dokumen