ANALISIS RUBRIK MAJALAH POPULAR

  • TA Mahasiswa
  • Widya Fransiska Sri P
  • 2402714061

Abstrak

Pada era sekarang ini dilihat dari kehidupan sehari-hari, majalah merupakan salah satu media cetak yang digemari oleh masyarakat dimulai dari kalangan remaja sampai dewasa. Majalah terdiri dari beberapa jenis, seperti majalah perusahaan, majalah wanita, majalah mode, majalah remaja, majalah anak dan lain sebagainya. Objek yang peneliti analisis ada empat foto dan diambil di dalam rubrik eyecandy di majalah Popular edisi septermber 2018. Peneliti mengunakan kerangka analisis semiotika Roland Barthes. Tujuan peneliti untuk mengetahui bagaimana peng gambaran lima kode pokok dan analisis leksia pada foto-foto rubrik eyecandy majalah popular edisi September 2018. Metode yang digunakan peneliti adalah metode analisis semiotika Roland Barthes yakni studi yang mengkaji tentang tanda dalam foto. Pendekatan yang digunakan peneliti adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan wawancara narasumber agar menguat persepsi peneliti dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan foto Perempuan dalam rubrik Eyecandy ini juga mencoba untuk memenuhi dua standar ideal seorang perempuan menurut kontruksi laki-laki. Pertama keindahan fisik seorang perempuan yaitu dengan tubuh langsing, rambut indah dan kulit mulus. Kedua ideal seorang perempuan yang rajin dan piawai merawat diri dan bersosial dengan baik, bukan hanya itu saja dengan mengurus rumah tangga termasuk perempuan yang ideal.Hal ini dilihat dari bagaimana cara mengukur nilai keindahan sebuah foto berdasarkan estetika fotografi itu sendiri, dan juga dilihat dari unsur pemaknaan sebuah foto yang dianalisis berdasarkan teori semiotika Roland Barthes dari aspek denotasi, konotasi dan mitos yang berfokus kepada lima kode pokok dan analisis leksia. Kata kunci : analisis, semiotika, lima kode, rubrik, majalah.

Lihat Dokumen