STRATEGI KOMUNIKASI DINAS KOPERASI DAN UKM (USAHA KECIL DAN MENENGAH) KABUPATEN GARUT DALAM MEMPERKENALKAN UKM KABUPATEN GARUT

  • TA Mahasiswa
  • Citra Yunita Rahayu
  • 24077215006

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Garut dalam mengelola dan memperkenalkan UKM Kabupaten Garut. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif serta metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan teori Bauran Promosi (Promotion Mix) dengan berfokus pada 4 elemen yakni advertising, sales promotion, public relations dan direct marketing, sehingga dapat menggali lebih dalam mengenai strategi promosi yang digunakan oleh Dinas Koperasi dan UKM. Hasil penelitian menunjukan bahwa Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Garut membentuk suatu branding inovasi bernama Parigel, berfungsi sebagai layanan publik untuk memberdayakan dan mengembangkan potensi UKM di Kabupaten Garut. Inovasi tersebut tidak terlepas dari strategi pemasaran yang berfokus pada bauran promosi, sehingga pemanfaatan media dapat terukur. Maka dari itu, Dinas Koperasi membantu para pelaku Usaha Mikro di Kabupaten Garut dalam memberikan pemahaman dan bimbingan terkait dengan strategi promosi dan pendistribusian pemasaran agar potensi UKM di Kabupaten Garut dapat berkembang dan maju terutama dalam menunjang kemajuan ekonomi daerah. Kata kunci: Usaha Mikro, Promotion Mix, Strategi komunikasi, Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Garut.

Lihat Dokumen