PENGARUH DISONANSI KOGNITIF ORANG TUA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN GADGET UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR DI SD NEGERI TAROGONG 1 GENTRA MASEKDAS GARUT

  • TA Mahasiswa
  • Tati Rahayu
  • 2402714057

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya anak diusia sekolah dasar sudah mempunyai gadget sebagian besar dibelikan oleh orang tuanya. teori disonansi kognitif adalah perasaan tidak nyaman yang memotivasi orang untuk mengambil langkah demi mengurangi ketidanyamanan Tujuan penelitian ini untuk menganalisis seberapa besar pengaruh emosional, kebijaksanaan pembelian, dan perhatian setelah transaksi terhadap keputusan pembelian. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu kuesioner, observasi, studi pustaka dan dokumentasi. Responden penelitian ini adalah orang tua siswa/I SD Negeri 1 Tarogong Gentra Masekdas Garut yang berjumlah 75 orang dengan teknik random sampling. Penelitian ini menggunakan teori disonansi kognitif bahwa disonansi adalah perasaan tidak nyaman yang memotivasi orang untuk mengambil langkah demi mengurangi ketidanyamanan. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1). variabel emosional (X1) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian; 2). variabel kebijaksanaan pembelian (X2) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian; 3). variabel perhatian setelah transaksi (X3) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Pengujian koefisien regresi X1, X2, X3 terhadap Y diperoleh nilai sebesar F-hitung = 7,846 > F tabel (3,127) maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh variabel Emosional, Kebijaksanaan Pembelian dan Perhatian Setelah Transaksi terhadap Keputusan Pembelian gadget untuk anak sekolah dasar Kata kunci: Disonansi Kognitif, Orang Tua, Sikap, Keputusan, Gadg

Lihat Dokumen