PENGARUH DISONANSI KOGNITIF ORANG TUA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN GADGET UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR DI SD NEGERI TAROGONG 1 GENTRA MASEKDAS GARUT
- TA Mahasiswa
- Tati Rahayu
- 2402714057
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya anak diusia sekolah dasar
sudah mempunyai gadget sebagian besar dibelikan oleh orang tuanya. teori
disonansi kognitif adalah perasaan tidak nyaman yang memotivasi orang untuk
mengambil langkah demi mengurangi ketidanyamanan Tujuan penelitian ini
untuk menganalisis seberapa besar pengaruh emosional, kebijaksanaan pembelian,
dan perhatian setelah transaksi terhadap keputusan pembelian.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan
teknik pengumpulan data yaitu kuesioner, observasi, studi pustaka dan
dokumentasi. Responden penelitian ini adalah orang tua siswa/I SD Negeri 1
Tarogong Gentra Masekdas Garut yang berjumlah 75 orang dengan teknik
random sampling. Penelitian ini menggunakan teori disonansi kognitif bahwa
disonansi adalah perasaan tidak nyaman yang memotivasi orang untuk mengambil
langkah demi mengurangi ketidanyamanan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa 1). variabel emosional (X1) secara
parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian; 2). variabel
kebijaksanaan pembelian (X2) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap
keputusan pembelian; 3). variabel perhatian setelah transaksi (X3) secara parsial
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Pengujian koefisien regresi
X1, X2, X3 terhadap Y diperoleh nilai sebesar F-hitung = 7,846 > F tabel (3,127)
maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh variabel Emosional, Kebijaksanaan
Pembelian dan Perhatian Setelah Transaksi terhadap Keputusan Pembelian gadget
untuk anak sekolah dasar
Kata kunci: Disonansi Kognitif, Orang Tua, Sikap, Keputusan, Gadg
Lihat Dokumen